DESAIN DIDAKTIS MATERI PENGUKURAN WAKTU BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAHDASAR

ZAHRO, FATINATUZ (2022) DESAIN DIDAKTIS MATERI PENGUKURAN WAKTU BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAHDASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FATINATUZ ZAHRO 17120167 .pdf] Text
FATINATUZ ZAHRO 17120167 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

FATINATUZ ZAHRO. NPM 17120187. “DESAIN DIDAKTIS MATERI
PENGUKURAN WAKTU BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK
MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
SEKOLAH DASAR”. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Singgih Adhi Prasetyo, S.Sn., M.Pd Pembimbing II Dr.
Bagus Ardi Saputro, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah ketidakmampuan
siswa dalam materi satuan waktu, khususnya pada menentukan tanda waktu,dan
konversi waktu. Hal ini terjadi karena pengembangan bahan ajar yang kurang
untuk mengatasi learning obstacle pada siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa yang menyebabkan siswa
mengalami kesulitan dalam membaca tanda jam pada jam analog dan
mengerjakan konversi waktupada materi satuan waktu di kelas III SD Supriyadi
Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
Didactical Design Research (DDR). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III
SD Supriyadi Semarang. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu
tes, wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian masih banyak ditemukan siswa yang
mengalami kesulitan dalam menentukan tanda waktu pada jam analog, dan
mengerjakan konversi waktu. Hal ini sesuai dengan hasil tes yang diperoleh siswa
kemudian dikuatkan dengan pernyataan siswa pada saat wawancara. Selain itu,
hasil wawancara guru bahwa siswa dalam menentukan tanda waktu pada jam
analog, dan mengerjakan konversi waktu masih kurang.
Saran bagi guru hendaknya memberikan konsep pengembangan bahan
ajar, agar siswa lebih tertarik dalam belajar materi satuan waktu, dan proses
pembelajaran terlaksana dengan baik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:40
Last Modified: 21 Mar 2024 02:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3017

Actions (login required)

View Item
View Item