ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KARANGLEGI PAT

NUZULA, TIFLA AZIZI (2022) ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KARANGLEGI PAT. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of TIFLA AZIZI NUZULA 17120277.pdf] Text
TIFLA AZIZI NUZULA 17120277.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

TIFLA AZIZI NUZULA. NPM 17120277. “Analisis Pembelajaran Jarak Jauh
Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Karanglegi Trangkil
Pati”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2021. Dosen
Pembimbing I Sunan Baedowi, S.H.I.,M.SI. Dosen Pembimbing II Drs. Kiswoyo,
M.M.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hambatan guru dan
peserta didik Sekolah Dasar Negeri 01 Karanglegi dalam pembelajaran jarak jauh
sehingga dapatmempengaruhi minat belajar siswa.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pembelajaran jarak jauh
terhadap minat belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Karanglegi Trangkil
Kabupaten Pati dan fokus penelitian ini pada pelaksanaan pembelajaran daring
yang dilakukan oleh guru dan peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Obyek penelitian ini adalah
peserta didik, guru, kepala sekolah, orangtua peserta di Sekolah Dasar Negeri 01
Karanglegi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahawa
pembelajaran jarak jauh berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hal ini
dibuktikan dengan hasil observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa
implementasi pembelajaran jarak jauh di Sekolah Dasar Negeri 01 Karanglegi
Trangkil Pati memiliki hambatan. Hambatan dari pembelajaran jarak jauh daring
adalah tidak semua peserta didik memiliki handphone dan juga jaringan internet
yang tidak stabil, sedangkan berdasarkan hasil wawancara dengan peserta didik
diketahui bahwa peserta didik mengalami kesulitan belajar yang kemudian
disampaikan secara mandiri yang mempengaruhi minat belajar siswa.
Saran yang dapat diberikan dalam skripsi ini adalah guru dapat
memaksimalkan penggunaan model, metode dan media yang sesuai dengan materi
yang ingin di sampaikan untuk meningkatkan minat belajar belajar siswa, selain
itu sebaiknya guru memfasilitasi siswa dalam kegiatan bertanya jawab
menggunakan metode yang sesuai sehingga siswa menjadi lebih semangat
sehingga membangkitkan minat belajar siswa serta siswa dapat menyampaikan
kesulitannya dengan mudah dan guru dapat mengatasi kesulitan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:34
Last Modified: 21 Mar 2024 02:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3014

Actions (login required)

View Item
View Item