Pengembangan Media Pembelajaran Multiplication Table dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas III B di Sekolah Dasar Bangunharjo

Arifa, fath Qadar (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Multiplication Table dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas III B di Sekolah Dasar Bangunharjo. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Fath Qadar Arifa 1420501.pdf] Text
Fath Qadar Arifa 1420501.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fath Qadar Arifa. NPM 14120501. “Pengembangan Media Pembelajaran
Multiplication Table dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian
Siswa Kelas III B di Sekolah Dasar Bangunharjo”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Univerias PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
kemampuan operasi hitung perkalian siswa dan terbatasnya penggunaan media
pembelajaran yang dimiliki oleh pihak sekolah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakteristik
penggunaan Media Multiplication Table yang layak digunakan sebagai media
pembelajaran matemtika pada operasi hitung perkalian?, 2) Apakah
pengembangan media valid? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
ialah untuk mengetahui karakteristik media Multiplication Table yang layak
sebagai media pembelajaran dalam operasi hitung perkalian dan kevalidan media
Multiplication Table.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan yang
berorientasi pada produk (Research and Development). Subjek penelitian ini
adalah 13 siswa kelas III B Sekolah Dasar Bangunharjo. Penelitian
pengembangan ini menggunakan dua teknik analis yaitu analisis deskriptif dan
analisis kuantitatif.
Hasil soal pretest dan posttest diketahui nilai rata-rata siswa pada pretest
mencapai 66,15% pada pretest ini siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 7
dari 13 siswa dengan presentase 53,84%, sedangkan siswa yang memenuhi KKM
sebanyak 6 siswa dengan presentase 46,15% Setelah dilakukan post test nilai rata�rata yang diperoleh siswa mencapai 92,31%. Pada posttest semua siswa sudah
mencapai KKM, dengan KKM yaitu 65.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang diberikan yaitu guru
diharapkan dapat menggunakan media Multiplication Table dalam pembelajaran
matematika operasi hitung perkalian sehingga siswa dapat termotivasi untuk
belajar perkalian.
Kata Kunci: penelitian pengembangan, media pembelajaran, operasi perkalian,
multiplication tab

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:30
Last Modified: 21 Mar 2024 02:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3010

Actions (login required)

View Item
View Item