FAJRIRANTI, ANISSA NUR (2022) ANALISIS HAMBATAN MENULIS PUISI SISWA SESUAI DENGAN STRUKTUR PUISI KELAS IV SDN PETERONGAN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
ANISSA NUR FAJRIRANTI. NPM 17120270. “Analisis Hambatan Menulis
Puisi Siswa Sesuai Dengan Struktur Puisi Kelas IV SDN Peterongan Semarang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
penggunaan struktur puisi pada tulisan puisi siswa. Hal tersebut disebabkan oleh
kurangnya penguasaan siswa tentang struktur dalam puisi dan minat siswa dalam
pembelajaran menulis puisi.
Fokus penelitian ini pada hambatan siswa dalam menulis puisi sesuai
dengan struktur pada puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
hambatan siswa dalam menulis puisi kelas IV SDN Peterongan Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian
ini pada SDN Peterongan Semarang. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah
wawancara, angket, dokumentasi.
Hasil penelitian secara keseluruhan bahwa kelas IV SDN Peterongan
Semarang belum mampu menulis puisi sesuai dengan struktur puisi yang baik.
Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil dokumentasi tulisan puisi siswa yang dapat
menulis dengan baik 3 siswa, cukup 3 siswa, kurang 5 siswa, dan sangat kurang 1
siswa. Sehingga perlu adanya bimbingan dan tindak lanjut di pembelajaran
menulis puisi.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru
lebih menekankan struktur puisi dalam proses pembelajaran menulis puisi. Lebih
banyak memberikan kegiatan menulis puisi yang baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 02:29 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 02:29 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3008 |