FITRIANA, SYAIFATUL ANISA (2022) KEEFEKTIFAN MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NALUMSARI KABUPATEN JEPARA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SYAIFATUL ANISA FITRIANA 18120206.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
SYAIFATUL ANISA FITRIANA. NPM 18120206. “Keefektifan Media
Powtoon Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD Negeri 2
Nalumsari Kabupaten Jepara”. Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru belum
menggunakan media pembelajaran, belum diterapkan model dan metode
pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran bahasa inggris. Kurangnya interaksi
guru dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif. Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media powtoon
terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas IV SD Negeri 2 Nalumsari
Kabupaten Jepara
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-
ekspeimental designs dengan bentuk One-Shot Case Study. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas IV SDN Nalumsari Kabupaten Jepara tahun pelajaran
2022/2023. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan di SD Negeri 2 Nalumsari
Kabupaten Jepara mengenai keefektifan media powtoon terhadap hasil belajar
bahasa inggris siswa kelas IV SD Negeri 2 Nalumsari Kabupaten Jepara diperoleh
hasil sebagai berikut.
Hasil rekapitulasi data postest hasil belajar bahasa inggris siswa kelas IV
SD Negeri 2 Nalumsari Kabupaten Jepara menggunakan media pembelajaran
powtoon diperoleh nilai mean atau rata-rata 82,5, untuk hasil nilai tertinggi
diperoleh adalah 95, sedangkan untuk hasil nilai terendah adalah 70. Selanjutnya
Persentase ketuntasan belajar siswa sebanyak 25 siswa yang tuntas dengan
persentase 89,3% (25 siswa) dan 3 siswa yang belum tuntas dengan persentase
10,7% (3 siswa) dan persentase ketuntasan belajar klasikal lebih dari 75% yaitu
sebesar 89,3%. Untuk hasil uji normalitas diperoleh nilai Sig (2 tailed) 0,200 >
0,05 dan uji hipotesis didapatkan hasil nilai rata-rata hasil belajar bahasa inggris
yang diberi pembelajaran dengan menggunakan media Powtoon lebih besar dari
nilai KKM atau 82,5 > 75.
Dari hasil tersebut dapat simpulkan bahwa penggunakan media powtoon
efektif terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa inggris pada siswa kelas IV di
SD Negeri 2 Nalumsari Kabupaten Jepara.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 02:28 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 02:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3007 |