RIYANTO, ANISA RIZKI (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KURANGNYA KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS IX SMP TAHFIDZUL QUR’AN NDHOLO KUSUMO TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANISA RIZKI RIYANTO 17110012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Anisa Rizki Riyanto. NPM 17110012. Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Kurangnya Kepercayaan Diri
Siswa Kelas IX SMP Tahfidzul Qur’an Ndholo Kusumo Tahun Ajaran
2021/2022. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang 2022. Dr. Heri Saptadi Ismanto, S.Pd, M.Pd., Kons.
Agus Setiawan, S.Pd., M.Pd.
Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis di SMP Tahfidzul Qur’an Ndholo
Kusumo dan wawancara dengan guru BK. Penulis menemukan masih terdapat
banya siswa SMP yang merasa tidak percaya diri seperti, gugup, malu di depan
kelas dan malu untuk mengutarakan pendapat. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama
terhadap kurangnya kepercayaan diri pada siswa. Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik
sosiodrama terhadap kurangnya kepercayaan dalam diri siswa kelas IX SMP
Tahfidzul Qur’an Ndholo Kusumo.
Pada hasil penelitian ini penulis menemukan pengaruh yang terjadi pada
delapan siswa setelah dilakukan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama,
hal itu diperkuat dengan data pre test yang dilakukan oleh penulis sebelum
memberi kegiatan bimbingan kelompok pada siswa. Data pre test yang diperoleh
terdapat enam siswa yang memiliki tingkat percaya diri sedang dengan tingkat
persentase 33% dan untuk siswa yang memiliki tingkat percaya diri rendah
berjumlah dua anak dengan tingkat persentase 11%. Delapan siswa tersebut
diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama selama lima
kali pertemuan, setelah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik
sosiodrama, terdapat data post test siswa yang memiliki kepercayaan diri kategoti
sedang berjumlah tiga orang dengan tingkat persentase sebesar 38% dan untuk
siswa yang memiliki kategori tinggi berjumlah lima anak dengan tingkat
persentase sebesar 63%. Dari hasil yang diperoleh pada data pre test dan post test,
dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara layanan bimbingan kelompok dengan
teknik sosiodrama terhadap kurangnya kepercayaan diri pada siswa.
Kata Kunci : Kurangnya Kepercayaan, Layanan Bimbingan Kelompok,
Sosiodrama.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 02:22 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 02:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3000 |