PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI KINEMASTER PADA PEMBELAJARAN TEMA 4 SUBTEMA 2 KELAS II SD NEGERI TLOGOBOYO 02 KABUPATEN DEMAK

RAHMANTO, FANI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI KINEMASTER PADA PEMBELAJARAN TEMA 4 SUBTEMA 2 KELAS II SD NEGERI TLOGOBOYO 02 KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FANI RAHMANT 18120240.pdf] Text
FANI RAHMANT 18120240.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

FANI RAHMANTO, NPM 18120240. “Pengembangan Media Pembelajaran
Video Animasi Berbasis Aplikasi Kinemaster Pada Pembelajaran Tema 4
Subtema 2 Kelas II SD Negeri Tlogoboyo 02 Kabupaten Demak”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Seekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Sukamto, S.Pd., M.Pd. dan Mira Azizah, S.Pd.,
M.Pd. 2022.
Latar belakang dari penelitian ini adalah keterbatasan penggunaan media
pembelajaran yang sesuai kharakteristik siswa dalam proses belajar mengajar.
Keterbatasan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis IT juga
menjadi kendala bagi guru untuk dapat mengimplementasikan media
pembalajaran dalam proses belajar mengajar.
Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana
karakteristik media video animasi pembelajaran terhadap meningkatnya hasil
belajar siswa pada pembelajaran Kelas II SD Negeri Tlogoboyo 02? (2) Apakah
pengembangan media video animasi pembelajaran pada materi Tema 4 Subtema 2
dapat memenuhi kriteria valid? (3) Apakah media video animasi pembelajaran
Tema 4 Subtema 2 yang dikembangkan dapat memenuhi kriteria praktis? (4)
Apakah media video animasi pembelajaran yang dikembangkan memenuhi
kriteria efektif untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa?
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and
development). Prosedur yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini
menerapkan prosedur yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Media pada
penelitian pengembangan ini harus melalui subjek penilai berupa validasi ahli
media, ahli materi, angket tanggapan guru, dan angket tanggapan siswa agar
memperkuat validasi media. Hasil pengembangan berupa media video animasi
pembelajaran berbasis aplikasi KineMaster.
Media media video animasi pembelajaran berbasis aplikasi KineMaster
dinyatakan valid. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli media
pembelajaran sebesar 97,7%, validasi ahli materi sebesar 94,5%. Media video
animasi pembelajaran berbasis aplikasi KineMaster juga dinyatakan praktis
dengan dibuktikan dengan hasil tanggapan guru sebesar 100% dan dari tanggapan
siswa sebesar 100%. Tingkat keefektifan media terhadap hasil belajar peserta
didik kelas II menunjukkan adanya peningkatan pada hasil post-test yang telah
diuji menggunakan pengujian T-test. Ketuntasan individu dan klasikal dari hasil
post-test juga memperoleh presentase 100% dan telah melebihi presentase
ketuntasan klasikal minimum 85%. Berdasarkan hasil pre-test memperoleh nilai
sebesar 62,5 dan nilai rata-rata post-test 89,5 serta N-Gain 0,73 > 0,3 dengan
kriteria tinggi. Hal ini dapat disimpulkan media yang dikembangkan dapat
meningkatkan hasil belajar dan termasuk dalam kategori “sangat baik” dan
“sangat layak” untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan saran yang dapat
disampaikan adalah hendaknya guru dapat mengimplementasikan media video
animasi pembelajaran berbasis aplikasi KineMaster dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:15
Last Modified: 21 Mar 2024 02:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2991

Actions (login required)

View Item
View Item