ANALISIS NILAI MORAL BUKU DOGENG SI KANCIL

SEPTIANI, ANISA DEWI (2022) ANALISIS NILAI MORAL BUKU DOGENG SI KANCIL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Anisa Dewi Septiani 18120008.pdf] Text
Anisa Dewi Septiani 18120008.pdf

Download (3MB)

Abstract

Anisa Dewi Septiani. NPM 18120008. “Analisis Nilai Moral Siswa Kelas 4 SD
Negeri Bringin Pada Buku Dongeng Si Kancil”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Ferina Agustini, S.Pd., M.Pd dan Dosen
Pembimbing II Veryliana Purnamasari , S.Pd., M.Pd., 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah berdasarkan
wawancara dengan guru kelas IV dan observasi di SD Negeri Bringin, terlihat
bagaimana anak SD apalagi dimasa sekarang sudah mengalami penurunan nilai
moral. Mereka sering berkata tidak sopan, baik dengan mahasiswa yang sedang
melakukan observasi maupun dengan guru-guru yang mengajar di sekolahan
tersebut. Selain itu, mereka juga sering melakukan perkelahian serta berkata kotor
kepada sesama teman sebayanya, hilangnya rasa kepedulian mereka kepada
teman-temanya yang sedang mengalami masalah maupun yang lainya Oleh
karena itu, perlu diberikan media pendidikan yang dapat merubah moral anak
untuk menjadi lebih baik. Media pendidikan tersebut yaitu melalui bacaan yang
mendidik salah satunya adalah buku dongeng Si Kancil. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis dan menguraikan apa saja nilai moral yang terkandung dalam
buku Dongeng Bergambar Si Kancil karya Gibran Ar-Rosyid yang sesuai dengan
nilai moral siswa kelas 4 di SD Negeri Bringin.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja nilai moral yang
terdapat dalam dongeng Si Kancil karya Gibran Ar-Rosyid yang sesuai dengan
nilai moral siswa kelas 4 SD Negeri Bringin ? Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguraikan apa saja nilai
moral yang terkandung dalam buku Dongeng Bergambar Si Kancil karya Gibran
Ar-Rosyid yang sesuai dengan nilai moral siswa kelas 4 di SD Negeri Bringin.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Metode pengumpulan data
berupa wawancara,
dokumentasi,
dan
angket.
Data
dianalisis
dengan
mendeskripsikan nilai moral dalam dongeng bergambar Si Kancil melalui
percakapan antartokoh dan kalimat.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dalam buku Dongeng Bergambar
Si Kancil Karya Gibran Ar-Rosyid ditemukan sebanyak delapan nilai moral dari
dua belas nilai moral yang telah dijabarkan. Ke-delapan nilai moral tersebut antara
lain nilai moral berani, bijaksana, kejujuran, toleransi, suka menolong, disiplin,
demokrasi, serta berbelas kasih. Penyampaian moral pada cerita dapat dilihat
melalui dialog antar tokoh, serta melalui tindakan-tindakan yang dilakukannya.
Saran yang dapat di sampaikan adalah diharapkan dapat menambah kajian
pustaka guru dalam mengenalkan nilai moral pada siswa Sekolah Dasar,
mengetahui nilai moral dalam buku Dongeng Si Kancil Karya Gibran Ar-Rosyid
dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari, serta sebagai dasar untuk orang
tua guna mengontrol bacaan yang dibaca anak-anak sehingga dapat mengontrol,
mengarahkan, serta membimbing anak untuk mengambil pelajaran dari setiap
bacaan yang mereka baca.
Kata Kunci : Nilai Moral, Dongeng,Dongeng Si Kancil

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:14
Last Modified: 21 Mar 2024 02:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2990

Actions (login required)

View Item
View Item