RARAS, ROSY WIDO (2022) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN LKPD BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V TEMA 5 SDN 2 RINGINARUM. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ROSY WIDO RARAS 18120214.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
ROSY WIDO RARAS. NPM 18120214. “Keefektifan Penggunaan LKPD
Berbasis HOTS Terhadap Hasil Belajar Kelas V Tema 5 SDN 2 Ringinarum”.
Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar siswa terkhususnya pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal
ini disebabkan karena proses pembelajaran yang belum sesuai dengan tujuan
pembelajaran IPA disekolah. Pembelajaran IPA masih menggunakan metode
ceramah, siswa cenderung pasif hanya menulis dan mendengarkan. Guru hanya
memanfaatkan LKPD dibuku siswa yang belum dikembangkan, yang membuat
siswa kurang bisa berkembang, terlebih dalam kemampuan berfikir kritis.
Penggunaan LKPD belum sepenuhnya diberikan sesuai dengan petunjuk
penggunaan. Guru jarang memberi siswa untuk melakukan percobaan, sedangkan
dalam proses percobaan siswa dapat memperoleh banyak manfaat, salah satunya
siswa dapat secara langsung mengalami apa yang diperoleh selama melakukan
percobaan, banyak berkomunikasi dengan anggota kelompok yang lain. Siswa
tidak hanya harus mencatat, tetapi juga mengamati, mencoba dan berpartisipasi
secara langsung dalam percobaan tersebut. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan LKPD berbasis
HOTS terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 5 SDN 2 Ringinarum.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk
preeksperimental design dengan bentuk One-Group-Pretest-Posttest Design.
Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Ringinarum tahun pelajaran
2022/2023. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas V SDN 2
Ringinarum sebanyak 20 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada
penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan bahwa untuk
mengetahui keefektifan LKPD berbasis HOTS terhadap hasil belajar kelas V SDN
2 Ringinarum digunakan uji-t memiliki nilai thitung>ttabel atau sebesar
(8,6244>2,086), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya LKPD berbasis
HOTS efektif terhadap hasil belajar kelas V SDN Ringinarum. Sedangkan dengan
uji ketuntasan belajar siswa sebanyak 19 siswa dengan persentase 95 % dan 1
siswa yang tidak tuntas dengan persentase 5%. Hal ini terjadi karena
diterapkannya pembelajaran dengan memanfaatkan LKPD berbasis HOTS, oleh
karena itu dapat disimpulkan penggunaan LKPD berbasis HOTS efektif terhadap
hasil belajar kelas V SDN 2 Ringinarum tema 5 subtema 1 ekosistem.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya penggunaan LKPD berbasis HOTS dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 02:16 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 02:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2988 |