KOIDAH, SOFIATUL (2022) STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENUMBUHKAN DIMENSI BERNALAR KRITIS PROFIL PELAJAR PANCASILA JENJANG SEKOLAH DASAR DI KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SOFIATUL KOIDAH 18120122.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
SOFIATUL KOIDAH. NPM 18120122. “Strategi Pengelolaan Kelas Dalam
Mewujudkan Dimensi Bernalar Kritis Profil Pelajar Pancasila Jenjang
Sekolah Dasar di Kota Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Dr. Iin Purnamasari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Intan
Rahmawati, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah strategi
pengelolaan kelas dalam menumbuhkan dimensi bernalar kritis Profil Pelajar
Pancasila. Hal tersebut disebabkan karena untuk saat ini sudah diterapkan
kurikulum merdeka terkait Profil Pelajar Pancasila di setiap sekolah
penggerak jenjang sekolah dasar dan bagaimana strategi guru dalam
mengelola kelas yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi pengelolaan kelas
dalam menumbuhkan dimensi bernalar kritis Profil Pelajar Pancasila di
sekolah dasar? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
mengetahui strategi pengelolaan kelas dalam menumbuhkan dimensi bernalar
kritis Profil Pelajar Pancasila jenjang sekolah dasar di kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan
etnografi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan
kuesioner/angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kuesioner /angket
dilakukan dengan membagikan link ke beberapa sekolah penggerak kota
Semarang. Wawancara dan observasi dilakukan dengan kepala sekolah dan
guru kelas I, II, III, IV, V, dan VI SDN Tambakrejo 01 Kota Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan
guru di 20 sekolah pengerak kota Semarang sudah melakukan strategi
pengelolaan kelas dengan baik. Adapun cara menumbuhkan dimensi bernalar
kritis belum semua kelas menerapkan kurikulum terbaru terkait Profil Pelajar
Pancasila.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 02:11 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 02:11 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2984 |