IKHLASUL, FALAH SUKHA (2022) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MASA PANDEMI COVID 19 KELAS 2 SD NEGERI GEMUH 2 BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FALAH SUKHA IKHLASUL AMAL 17120052.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
FALAH SUKHA IKHLASUL AMAL NPM 17120052 “ Upaya Guru Dalam
Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Pada Masa
Pandemi Covid-19 Kelas 2 SD N 2 Gemuh Batang”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. 2021. Dosen Pembimbing I : Ari Widyaningrum, M.Pd., Dosen
Pembimbing II : Sukamto M,Pd.
Konteks penelitian yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini
adalah permasalahan kurang aktivitasnya belajar siswa dalam proses pembelajaran
tematik, dan upaya guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara
melakukan pembalajaran secara daring, dan secara tatap muka dengan mematuhi
protocol Kesehatan dan melihat zona berada diwarna hijau. Fokus permasalahan
dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan aktvitas
belajar pada pembelajaran tematik siswa di masa pandemi covid-19 kelas 2 SD
Negeri 2 Gemuh Batang ?. Apa saja faktor pendukung, dan apa saja faktor
penghambat upaya guru dalam meningkatkan aktivitas belajar pada pembelajaran
tematik siswa kelas 2 SD Negeri 2 Gemuh Batang ?. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada
pembelajaran tematik siswa di masa pandemi covid-19 kelas 2 SD Negeri 2 Gemuh
Batang, dan juga untuk menganalisis faktor pendukung serta faktor penghambat
dalam upaya guru dalam meningkatkan aktvitas belajar pada pembelajaran tematik
siswa pada masa pandemi covid-19 kelas 2 SD Negeri 2 Gemuh Batang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah
kepala sekolah, guru kelas II, dan siswa kelas II. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Metode analisis data pada penelitian ini yaitu berawal dari pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan kemudian penarikan simpulan data.
Hasil penelitian ini yaitu upaya guru dalam meningkatkan aktvitas belajar
pada pembelajaran tematik siswa pada masa pandemi covid-19 kelas 2 SD Negeri
2 Gemuh Batang. Melaksanakan pemebelajaran secara langsung dan menggunakan
media whatapps group, untuk menyampaikan materi tematik. Selama proses
pembelajaran secara langsung guru harus menggunakan media dan metode yang
mudah di pahami oleh siswa serta menjadi lebih paham, sedangkan untuk proses
pembelajaran berlangsung guru melibatkan orang tua siswa agar dapat
mendampingi anaknya dalam proses pembelajaran.. Faktor pendukung guru dalam
meningkatkan aktvitas belajar pada pembelajaran tematik siswa pada masa pandemi
covid-19 kelas 2 SD Negeri 2 Gemuh Batang yaitu sudah ada media pembelajaran
yang sudah tersedia disekolah ini. Faktor penghambat ada kendala di sinyal, dan
terdapat siswa yang tidak memiliki hp.
Saran dalam penelitian ini yaitu sebaiknya dalam menyampaikan
pembelajaran tematik tidak menggunakan metode serta media pembelajaran yang
menarik sehingga siswa tidak merasa jenuh dalam proses pembelajaran secara
daring selama pandemi covid-19. Bagi siswa, sebaiknya dalam mengikuti
pembelajaran tematik secara daring siswa tetap aktiv
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 02:10 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 02:10 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2983 |