NOVITASARI, ENGGAR SEPTANIA (2022) PENANAMAN NILAI KARAKTER MELALUI TEMBANG DOLANAN ANAK DI SD NEGERI SENDANGMULYO 02 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ENGGAR SEPTANIA NOVITASARI 18120128.pdf
Download (7MB)
Abstract
ENGGAR SEPTANIA NOVITASARI. NPM 18120128. “Penanaman Nilai
Karakter Melaui Tembang Dolanan Anak di SD Negeri Sendangmulyo 02
Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I: Prasena
Arisyanto, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Choirul Huda, M.Si., M.Pd.
Pendidikan karakter merupakan suatu proses pembudayaan dari nilai-nilai
luhur yang telah ada di lingkungan, khususnya di dalam lingkungan satuan
pendidikan yaitu sekolah. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan
pembelajaran berbasis budaya melalui tembang dolanan yang dapat dilakukan
untuk membentuk suatu karakter yang baik. Proses pembentukan karakter ini
dapat dilakukan melalui suatu pendidikan karakter di sekolah, dimana dalam
kegiatan belajar mengajar guru tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan saja
melainkan juga mampu menanamkan dan membentuk nilai pada peserta didik.
Fokus penelitian ini yaitu apa saja nilai karakter yang terdapat dalam
tembang dolanan anak?, dan bagaimana penenaman nilai karakter melalui
tembang dolanan anak di SD Negeri Sendangmulyo 02 Semarang?. Adapun
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai karakter yang terdapat dalam
tembang dolanan anak serta untuk mengetahui penanaman nilai karakter melalui
tembang dolanan anak di Sekolah Dasar Negeri Sendangmulyo 02 Semarang.
Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Setting penelitian
dilakukan di SD Negeri Sendangmulyo 02 Semarang. Subjek penelitian adalah
peserta didik, dosen PGSD, dan guru kelas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa lagu nilai-nilai karakter yang
terkandung dalam lirik tembang dolanan Padhang Bulan, Cublak-Cublak Suweng
dan Menthok-Menthok yaitu nilai karakter religius, nasionalis, integritas, mandiri,
dan gotong-royong. Penanaman nilai karakter melalui tembang dolanan dilakukan
dengan adanya pembiasaan tingkah laku peserta didik baik pada saat
pembelajaran maupun non pembelajaran sesuai dengan makna tembang dolanan.
Selain itu, dengan adanya penanaman nilai karakter peserta didik dapat
mengamalkan nilai-nilai karakter positif dalam kehidupan sehari-hari seperti rajin,
bertanggung jawab, jujur, adil, mandiri, sopan, suka menolong, dan bekerja keras.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan adalah di harapkan
memasukkan lagu-tembang dolanan anak di sekolah untuk diajarkan kepada
peserta didik baik kelas rendah maupun kelas tinggi dikarenakan dalam tembang
dolanan anak bisa menanamkan nilai karakter dan mengenalkan budaya di
daerahnya supaya tetap terjaga keberadaannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 02:12 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 02:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2982 |