STRES AKADEMIK SISWA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI

MUFARIKAH, ANIS (2022) STRES AKADEMIK SISWA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Anis Mufarikah 14110142.pdf] Text
Anis Mufarikah 14110142.pdf

Download (965kB)

Abstract

Anis Mufarikah. 14110142. “Stres Akademik Siswa dalam Melaksanakan
Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi”. Skripsi. Program Studi Bimbingan
Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dr. Dini
Rahmawati., M. Pd., Dr. Heri Saptadi Ismanto, S.Pd, M.Pd.,Kons. April. 2022.
Penelitian ini dilatar belakangi dampak belajar dari rumah bagi siswa bahwa
sistem online membuat motivasi belajar menurun, serta pemahaman yang kurang
terhadap materi serta waktu pengerjaan tugas yang singkat membuat siswa merasa
tertekan dan menimbulkan stres belajar. Peneliti tertarik untuk meneliti lebih
lanjut dengan menarik judul penelitian yaitu “Stres Akademik Siswa dalam
Melaksanakan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas IX MTs. Nurul Ulum Welahan yang berjumlah 80 siswa yang terdiri dari 4
kelas, satu kelas digunakan untuk try out, sedangkan sampelnya terdiri dari satu
kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian. Jumlah keseluruhan sampel
adalah 80 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive
sampling. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah korelasi
product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha.
Hasil analisis kuisioner dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas
IX yang bersekolah dengan media daring di MTs. Nurul Ulum Welahan dalam
kategori 7 siswa dengan kategori sangat rendah dengan persentase 12%, 4 siswa
pada kategori rendah dengan persentase 7%, 14 siswa pada kategori tinggi dengan
persentase 58%, dan 11 siswa pada kategori sangat tinggi dengan persentase 23%.
Saran yang dapat peneliti sampaikan pada penelitian selanjutnya yang membahas
tentang stres pada siswa yang bersekolah dengan media daring. Penelitian
selanjutnya juga diharapkan dapat membahas tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi tingkat stres pada siswa yang bersekolah dengan media daring..
Kata kunci : Stres Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:09
Last Modified: 21 Mar 2024 02:09
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2981

Actions (login required)

View Item
View Item