AMALIA, FAJRIN NIDA (2022) ANALISIS PELAKSANAAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI TAMANSARI 03 KECAMATAN TLOGOWUNGU. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FAJRINNIDA17120083.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
FAJRIN NIDA AMALIA. NPM 17120083. “Analisis Pelaksanaan
Karakter Disiplin Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Daring di SD Negeri
Tamansari 03 Kecamatan Tlogowungu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
2022. Pembimbing I Ari Widyaningrum, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II
Qoriati Mushafanah, S.Pd., M.Pd.
Konteks penelitian ini berdasarkan kurang diterapkannya pelaksanaan
disiplin siswa dalam pembelajaran daring. Pelaksanaan disiplin siswa sangat
penting, karena peran guru dalam melaksanakan disiplin siswa sangat
diperlukan terutama dalam pembelajaran daring yang mengharuskan anak
belajar dari rumah. Belajar dari rumah secara daring mengembalikkan fungsi
orangtua sebagai pondasi utama penanaman karakter siswa. Karakter disiplin
inilah yang akan mempengaruhi siswa dalam pembelajaran daring. Fokus
penelitian yang mendorong penelitian ini yaitu “Bagaimana pelaksanaan
karakter disiplin siswa kelas IV dalam pembelajaran daring di SD Negeri
Tamansari 03 Kecematan Tlogowungu ?”. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui bagaimana pelaksanaan karakter disiplin siswa kelas IV dalam
pembelajaran daring di SD Negeri Tamansari 03 Kecamatan Tlogowungu.
Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian
adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri Tamansari 03 Kecamatan
Tlogowungu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket,
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan
cara triangulasi sumber. Tahapan penelitian menggunakan tahapan pra�lapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis data. Berdasarkan analisis data
dalam penelitian ini, maka ditemukan bahwa terdapat pelaksanaan disiplin
siswa yang diterapkan di kelas IV. Dari sepuluh siswa kelas IV, enam
diantaranya menerapkan disiplin permisif, empat diantaranya menerapkan
disiplin demokratis, dan siswa kelas IV tidak ada yang menerapkan disiplin
otoriter.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa disiplin permisif
lebih banyak diterapkan siswa, disiplin ini memiliki karakteristik: pendekatan
yang digunakan mengedepankan kemauan anak, orangtua cenderung acuh
terhadap anak, dan anak memiliki kebebasan penuh. Disiplin demokratis
memiliki karakteristik: pendekatan yang digunakan kooperatif, terbuka dan
akrab, adanya kebebasan dan tanggung jawab sehingga beberapa siswa
melaksanakan disiplin ini. Sedangkan untuk disiplin otoriter tidak diterapkan
oleh siswa, disiplin ini memiliki karakteristik: pendekatan yang digunakan
mengandung unsur paksaan dan hukuman, anak cenderung dikuasai oleh
orangtua, dan anak tidak memiliki kebebasan. Peran orangtua dalam disiplin
siswa berpengaruh dalam pembelajaran daring. Siswa dengan disiplin
demokratis dan displin permisif berjalan dengan baik walaupun dengan
disiplin yang berbeda-beda, ada yang menggunakan sedikit aturan dan ada
juga yang membebaskan namun masih dalam pantauan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 02:07 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 02:07 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2980 |