JASMIATI, ENDANG (2022) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD DI KB BHINNEKA TLOGOSARI SEMARANG TAHUN AJARAN 2020-2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ENDANG JASMIATI 19156148.pdf
Download (2MB)
Abstract
Endang Jasmiati NPM: 19156148 “UPAYA MENINGKATKAN
KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE
BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD DI KB BHINNEKA
TLOGOSARI SEMARANG TAHUN AJARAN 2020-2021” Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendididkan
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd.
Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
keterampilan berbicara anak yang disebabkan kurangnya metode bermain yang di
pergunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini di dukung oleh identifikasi
masalah yang penulis temui dalam kegitan belajar mengajar sehari-harinya. Dimana
anak cenderung pasive dalam mersepon kegiatan belajar mengajar. Batasan
masalahnya adalah lebih menekankan pada Peningkatan berbicara pada anak usia
dini dalam menjawab pertanyaan dan berkomunikasi dengan bahasanya sendiri.
Dalam hal ini di harapkan anak dapat bercerita dengan bahasanya sendiri mengenai
flash card yang di tunjukkan oleh guru. Adapun metode Pilihan guru adalah
memakai metode bercerita menggunakan media flash card. Tujuan dari penelitian
ini adalah : Untuk mengetahui tingkat keterampilan berbicara anak melalui
penggunaan metode Flash Card pada anak KB TK BHINNEKA Tlogosari
Semarang Tahun ajaran 2020-2021. Dengan harapan bahwa setelah penelitian
penulis dapat menemukan bahwa metode flash card berhasil di gunakan untuk
mendongkrak tumbuh kembang keterampilan berbicara anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi.Subyek penelitian ini
sebanyak 14 anak KB TK BHINNEKA Tlogosari Semarang tahun ajaran
2020/2021. Tahapan-tahapan tersebut penulis lakukan dalam dua siklus utama
berjarak satu minggu masing-masing siklusnya. Setiap siklus akan di jalankan
dengan tiga pertemuan penelitian dimana yang terlibat di dalamnya adalah guru ,
observer dan asisten guru sebagai pembantu pelaksanaan kegiatan.
Metode Penelitian yang di lakukan adalah metode kuantitatif yang berupa
form penilaian keterampilan berbicara anak dengan 3 aspek indikator yaitu
kemampuan anak menjawab isi flash card yang di bawakan oleh guru, dan anak
mampu menceritakan kem,bali isi flash card tersebut dengan gaya dan bahasanya
sendiri, dan yang terakhir adalah kemampuan anak bercerita tentang flash card
pilihannya sendiri di hadapan teman-temannya di depan kelas.
Berdasarkan pembahasan, refleksi serta rekapitulasi antar siklus yang
penulis buat maka bisa di lihat dengan baik adanya peningkatan dan progress
keterampilan berbicara anak setiap siklusnya. Dari hasil penelitian tindakan
tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan metode metode flash card telah
berhasil menaikkan keterampilan baca anak KB TK BHINNEKA Tlogosari
Semarang sebesar 86% dari 14 orang anak yang terdiri dari 8 laki-laki dan 6
perempuan .
viii
PRAKATA
Puj
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 02:04 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 02:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2974 |