larassati, Eviana (2022) ANALISIS PELAKSANAAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI SD SUPRIYADI SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
EVIANA LARASSATI 17120116.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Eviana larassati. NPM 17120116. “Analisis Pelaksanaan Blended Learning Pada
Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IV Di SD Supriyadi Semarang tahun
ajaran2021\2022”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2022.
Konteks penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran daring di SD
Supriyadi Semarang yang tidak efektif dan kurang maksimal di masa pandemi
covid-19. Pembelajaran yang semula dilakukan dengan murni tatap muka di
sekolah sekarang berubah menggunakan blended learning atau pembelajaran
campuran antara tatap muka dan dipadukan dengan dalam jaringan (daring).
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan blended learning pada
mata pelajaran bahasa Inggris kelas IV di SD Supriyadi Semarang? 2) Apa
kendala pelaksanaan blended learning pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas
IV di SD Supriyadi Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisis pelaksanaan pembelajaran blended learning pada mata pelajaran
Bahasa Inggris kelas IV di SD Supriyadi Semarang serta untuk mengetahui
kendala pelaksanaan blended learning pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas
IV di SD Supriyadi Semarang.
Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di
SD Supriyadi Semarang. Subjek penelitian ini meliputi perwakilan siswa kelas IV
E, guru bahasa Inggris kelas IV E, dan kepala sekolah.
Hasil penelitian ini diperoleh pelaksanaan pembelajaran blended learning
pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SD Supriyadi Semarang menerapkan
Enriched virtual model yaitu pembelajaran daring dan luring dilaksanakan secara
bersamaan di waktu dan tahapan yang sama. Perencanaan disusun secara
sistematis oleh guru dimulai dari menyiapkan perangkat pembelajaran media dan
bahan ajar blended learning serta penjadwalan dengan membagi dua kelompok
peserta didik yang daring dan luring. Dalam pelaksanaannya sudah sesuai dengan
RPP dan tahapan pembelajaran dari model blended learning yaitu meliputi
seeking of information, acquisition of information dan synthesizing of knowledge.
Pembelajaran daring memanfaatkan zoom atau google meet. Evaluasi dengan
penilaian tes dan non tes fokus penilaian adalah pengetahuan dari keempat
keterampilan pada bahasa Inggris dilaksanakan secara langsung saat proses
pembelajaran ataupun melalui google form. Adapun kendala yang dirasakan
adalah sinyal, kehadiran siswa, keterbatasan waktu dan guru dalam memantau dan
mengelola pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan bagi guru
mampu mengembangkan keterampilan pengelolaan kelas dan media yang lebih
kreatif dalam pembelajaran blended, bagi peserta didik hendaknya tetap aktif dan
semangat saat pembelajaran berlangsung walaupun dilakukan secara daring, bagi
lembaga terkait khususnya lembaga pendidikan dapat digunakan sebagai bahan
pertimbangan untuk menentukan kebijakan dunia pendidikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 02:01 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 02:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2971 |