FADHILLAH, SITI NUR (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI KB TUNAS HARAPAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SITI NUR FADHILLAH 19156087.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Siti Nur Fadhillah. NPM 19156087. “Upaya Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Anak Melalui Permainan Balok di KB Tunas Harapan Tahun
Ajaran 2021/2022”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah keterampilan
pemecahan masalah anak belum berkembang dengan optimal. Hal ini disebabkan
karena belum diterapkannya metode pembelajaran berbasis masalah, selain itu
dalam proses pembelajaran kurang menggunakan alat permainan edukatif yang
tepat.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah anak melalui permainan balok di KB Tunas
Harapan Tahun Ajaran 2021/2022?. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak melalui permainan balok.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena
penelitian ini dilakukan di dalam kelas dan pengumpulan data berupa
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam Penelitian ini peneliti
menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, karena mudah dipahami dan
dilaksanakan. penelitian ini terdiri dari dua siklus. Masing masing siklus terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek peneliltian ini
sebanyak 15 anak di KB Tunas Harapan Tahun Ajaran 2021/2022.
Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil tindakan kelas pada
penelitian ini adalah permainan balok dapat meningkatkan kemampuan
memecahkan masalah anak di KB tunas harapan berdasarkan peningkatan tiap
siklus. pada siklus 1 nilai persentase rata-rata mencapai 61,4%. Ini artinya telah
terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah anak sebesar 22,5%.
Kemudian di lanjutkan pada siklus II mencapai 80,8% telah melebihi indikator
keberhasilan yang diharapkan yaitu ≥75%.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang disampaikan adalah guru
hendaknya lebih kreatif dan inovatif dalam menerapkan permainan balok dalam
pembelajaran. Sehingga dapat menarik minat belajar anak dan meningkatkan
kemampuan anak dalam memecahkan masalah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 01:56 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 01:56 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2962 |