ANALISIS PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI FPB DAN KPK KELAS IV SEKOLAH DASAR

WARDANI, ANGGUN SEPTI (2022) ANALISIS PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI FPB DAN KPK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANGGUN SEPTI WARDANI 16120346.pdf] Text
ANGGUN SEPTI WARDANI 16120346.pdf

Download (2MB)

Abstract

ANGGUN SEPTI WARDANI. NPM 16120346. “Analisis Pemahaman
Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi FPB & KPK Kelas
IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2022.
Konteks dalam penelitian ini adalah beberapa siswa belum bisa
membedakan soal cerita FPB & KPK, siswa juga masih banyak yang belum bisa
menerapkan konsep FPB & KPK dengan benar. Permasalahan tersebut berdampak
pada rendanya hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang
masih banyak mendapat nilai dibawah KKM.
Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman matematis
siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi FPB dan KPK di kelas
IV SD N 3 Bendanpete Jepara? Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk
menganalisis pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita
matematika materi FPB dan KPK di kelas IV SD N 3 Bendanpete Jepara.
Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan metode fenomenalogi. Sumber data penelitian ini siswa kelas IV
SD N 3 Bendanpete Jepara yang berjumlah 21 siswa. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui tes, wawancara, dan dokumentasi.
Keabsahan data
menggunakan triangulasi tehnik dan sumber. Metode analisis data meliputi
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pemahaman matematis siswa
dalam menyelesaikan soal cerita FPB & KPK termasuk kategori “rendah” dengan
nilai indikator translansi sebanyak 63,3%, interpretasi sebanyak 33,8%, dan
translansi 43,8%. Dari tiga indikator tersebut pemahaman siswa paling kurang
dibagian interpretasi dimana siswa belum bisa menerapkan konsep FPB & KPK
dengan benar.
Saran yang dapat disampaikan adalah siswa sebaiknya tidak hanya
menghafal rumus karena itu hanya bisa diingat sementara, siswa paham akan
materi yang diajarkan dan mengerti makna konsep sehingga saat diberikan soal
yang berbeda dengan contoh siswa dapat menyelesaikan soal tersebut dengan
tepat. Saat mengajar guru sebaiknya memastikan siswa memahami konsep bukan
sekedar menghafal rumus, hal ini membutuhkan tehnik dan strategi yang tidak
didapatkan secara instan tetapi melalui latihan-latihan mengerjakan soal secara
rutin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:51
Last Modified: 21 Mar 2024 01:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2958

Actions (login required)

View Item
View Item