PURWATI, ENI (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN BERBICARA ANAK MELALUI KEGIATAN MAKRO DI KELOMPOK A TK ISLAM NURUL IMAN MENJANGAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Eni Purwati 18156134.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
ENI PURWATI. NPM 18156134. “Upaya Meningkatkan Keberanian Berbicara
Anak Melalui Kegiatan Makro di Kelompok A TK Islam Nurul Iman Menjangan,
Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang.
UPGRIS Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah mengenai
keberanian anak dalam berbicara yang masih kurang. Anak masih bersifat pasif
dan kesulitan dalam bercakap-cakap atau menyampaikan sesuatu yang dimaksud.
Hal ini nampak ketika anak- anak diberikan kesempatan untuk tampil ke depan
kelas untuk bercerita dan menyampaikan pendapatnya , mereka kesulitan dalam
menyampaikan sesuatu yang dimaksud dan harus dituntun oleh guru, dan
keberanian mereka dalam berbicara masih belum muncul. Bahkan mereka
cenderung diam saja di depan kelas atau ada juga yang menolak untuk maju ke
depan. Terkadang mereka yang berani maju akan berbicara dengan suara yang
sangat pelan. Sebagian besar anak -anak lebih suka mendengarkan guru berbicara
daripada mereka harus maju kedepan untuk berbicara di hadapan teman�temannya.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keberanian berbicara anak
kelompok usia 4-5 tahun melalui kegiatan bermain peran atau kegiatan makro di
TK Islam Nurul Iman Menjangan, Semarang, Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif tindakan kelas
(PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester Gasal yang dimulai dari tanggal
2 November sampai dengan 7 Desember 2020. Subyek penelitian adalah anak
kelompok usia 4-5 tahun yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 12 anak laki�laki dan 8 anak perempuan. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan
kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu 1) membuat
perencanaan, 2) melakukan observasi, 3) merefleksi hasil pengamatan tindakan,
setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam
penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberanian berbicara anak dapat
ditingkatkan melalui kegiatan makro. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya
jumlah anak yang mempunyai keberanian dalam berbicara dalam setiap kali
pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada tahap pra siklus terdapat 2
anak atau 10% yang mempunyai kreativitas dengan penilaian baik. Sedangkan
akhir tindakan 16 anak atau 80% yang memiliki keberanian berbicara dengan
penilaian baik.. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik
kesimpulan bahwa keberanian berbicara kelompok A di TK Islam Nurul Iman
Menjangan Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan melalui kegiatan
makro atau metode bermain peran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 01:51 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 01:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2956 |