PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING SIMBOLIK TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI SMA 1 BAE KUDUS

SOLECHATI, MIRA ANISA (2022) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING SIMBOLIK TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI SMA 1 BAE KUDUS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MIRA ANISA SOLECHATI 17110098.pdf] Text
MIRA ANISA SOLECHATI 17110098.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Mira Anisa Solechati NPM. 17110098: ”Pengaruh Bimbingan Kelompok
Dengan Teknik Modelling Simbolik Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XI
SMA 1 Bae Kudus” Skripsi Program Studi Bimbingan dab Konseling Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang Tahun 2021.
Dosen Pembimbing 1 : Dr. Heri Saptadi Ismanto, S.Pd.,M.Pd.,Kons, Dosen
Pembimbing 2 : Dr. G Rohastono Ajie, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah terkait kedisiplinan siswa kelas XI
SMA 1 Bae Kudus yang ditunjukkan dengan perilaku siswa yang kurang
memahami materi yang disampaikan guru, merasa kurang motivasi untuk belajar,
tidak mengumpulkan tugas, merasa tidak diawasi oleh guru, sering telat saat
mengikuti pembelajaran.
Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah terkait kedisiplinan
siswa kelas XI SMA 1 Bae Kudus. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh
Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Simbolik Terhadap
Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA 1 Bae Kudus. Jenis penelitian kuantitatif
dalam bentuk true experimental design dengan menggunakan pretest-posttest
control grup design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA 1 Bae
Kudus tahun ajaran 2020/2021. Sampel diambil menggunakan simple random
sampling sebanyak 20 siswa, 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa
untuk kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument
penelitian berupa skala psikologi kedisiplinan.
Ditunjukkan dengan hasil perhitungan analisis data post-test skor rata-rata
kelompok eksperimen mengalami peningkatan dari 1306 menjadi 1347 setelah
dilaksanakannya treatment. Tingkat kedisiplinan siswa yang tidak diberikan
treatment bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik hanya terjadi
peningkatan yang minim, yaitu dari 1276 menjadi 1301. Nilai t hitung 2,391 dengan
taraf signifikansi 5% sebesar 2,228. Dari sebelum dilakukan treatment sebesar
1306 sedangkan setelah dilakukan treatment menjadi 1347, artinya terdapat
peningkatan sebanyak 41 point. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa
“Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Simbolik Terhadap
Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA 1 Bae Kudus”.
Saran bagi siswa diharapkan dengan adanya layanan bimbingan kelompok
dengan teknik modelling simbolik ini siswa mampu meningkatkan kedisiplinan .
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling Simbolik, Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:43
Last Modified: 21 Mar 2024 01:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2947

Actions (login required)

View Item
View Item