ANALISIS PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 03 SENENAN

Rejeki, Ema Tri (2022) ANALISIS PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 03 SENENAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Ema Tri Rejeki 17120337.pdf] Text
Ema Tri Rejeki 17120337.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ema Tri Rejeki. NPM 17120337. “Analisis Perhatian Orang Tua Tehadap Hasil
Belajar Siswa Kelas V di SD N 03 Senenan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRIS Semarang.
Qoriati Mushafanah,S.Pd.,M.Pd., Pembimbing 1 dan Sukamto,S.Pd.,M.Pd.
Pembimbing 2. Maret 2022.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pendidikan pertama
seorang anak pasti didapat dari orang tuanya, tentu orang tua memiliki peran
penting dalam pendidikan anaknya. Orang tua pasti memnginginkan hasil yang
baik dalam pendidikan anak. perhatian orang tua ketika dirumah pasti
berpengaruh pada hasil belajar yang didapat anak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) perhatian orang tua
dalam proses belajar siswa ketika belajar dirumah, 2) perhatian orang tua yang
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1)
Menganalisis seberapa banyak orang tua perhatian dalam belajar anak ketika
dirumah, 2) Menganalisis pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar
siswa kelas V SD N 03 Senenan. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif
dengan metode deskriptif. Dengan subjek penelitian yaitu guru, siswa,dan orang
tua kelas V di SD N 03 Senenan tahun ajaran 2021/2022.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Beberapa orang tua yang
memiliki kesibukan seperti bekerja kemudian pulang sudah capek dan faktor
ekonomi sehingga fasilitas anak belajar kurang maksimal menjadi alasan
mengapa orang tua kurang memperhatikan anaknya ketika di rumah. 2) ada 5
bentuk perhatian yang bisa orang tua lakukan mulai dari memberi bimbingan
dan nasehat, pengawasan terhadap anak, pemberian penghargaan maupun
hukuman, pemenuhan fasilitas dan suasana rumah yang kondusif untuk belajar.
Jika itu semua dilakukan orang tua maka hasil belajar yang siswa dapat akan
baik. Tapi, keterbatasan waktu, tenaga dan ekonomi menjadi faktor orang tua
kurang dalam memeperhatiakan anak. Guru sudah berusaha berkomunikasi
untuk menginformasi nilai dan keadaan siswa ketika di kelas. Respon orang tua
yang berbeda-beda, Guru dan suasana pemelajaran dikelas menjadi penentu anak
paham atau tidaknya ketika belajar dikelas
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka peneliti
menyampaikan saran kepada guru untuk lebih berkomunkasi dengan orang tua
siswa terutama untuk siswa yang kurang dalam hasil belajarnya, guru perlu
memberi saran kepada orang tua untuk anak yang membutuhkan bimbingan
belajar, mengubah suasana belajar yang lebih menyenangkan dan menarik agar
siswa lebih paham dan jika sudah paham maka hasil belajar akan baik.
Kata kunci: Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:45
Last Modified: 21 Mar 2024 01:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2944

Actions (login required)

View Item
View Item