PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENGENDALIAN EMOSI SISWA KELAS VIII SMP N 4 WANAYASA BANJARNEGARA

AGUSTIN, ANGGI DEWI (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENGENDALIAN EMOSI SISWA KELAS VIII SMP N 4 WANAYASA BANJARNEGARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANGGI DEWI AGUSTIN 17110079.pdf] Text
ANGGI DEWI AGUSTIN 17110079.pdf

Download (3MB)

Abstract

Anggi Dewi Agustin. NPM.17110079: “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Pengendalian Emosi Siswa Kelas
VIII SMP N 4 Wanayasa Banjarnegara”Skripsi Program Studi Bimbingan dan
Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang Tahun 2021.
Suhendri,S.Pd.,M.Pd.,Kons, MA PrimaningrumDian,S.Psi.,M.Psi.Psi.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pengendalian emosi siswa
kelas VIII SMP N 4 Wanayasa Banjarnegara yang ditunjukkan dengan beberapa
masalah seperti banyak siswa yang mudah marah, mudah tersinggung, sering
tidak sabar, sulit mengendalikan emosi dan sering terjadi perselisihan dengan
teman.
Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah terkait pengendalian
emosi siswa kelas VIII SMP N 4 Wanyasa Banjarnegara. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan
teknik sosiodrama terhadap pengendalian emosi siswa kelas VIII SMP N 4
Wanayasa Banjarnegara. Jenis penelitian ini kuantitatif dalam bentuk quasi
experimental design dengan desain quasi experimental non-equivalent control
group design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII B SMP N 4
Wanayasa Banjarnegara tahun ajaran 2021/2022. Sampel diambil menggunakan
purposive sampling yang diambil sebanyak 20 siswa, 10 siswa untuk kelompok
eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui instrument penelitian berupa skala psikologi pengendalian
emosi.
Nilai t hitung dengan taraf signifikansi 5% sebesar 6,4863. Dari sebelum
dilakukan treatment sebesar 79,7 sedangkan setelah dilakukan treatment menjadi
93,4, artinya terdapat peningkatan sebanyak 13,7 point. Oleh karena itu dapat
disimpulkan bahwa “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik
sosiodrama terhadap pengendalian emosi siswa kelas VIII SMP N 4 Wanayasa
Banjarnegara tahun ajaran 2021/2022”.
Saran bagi siswa diharapakan dengan adanya layanan bimbingan
kelompok dengan teknik sosiodrama ini siswa mampu meningkatkan
pengendalian emosi.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik sosiodrama, pengendalian emosi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:37
Last Modified: 21 Mar 2024 01:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2941

Actions (login required)

View Item
View Item