SABANDINI, ANGGI ARUM (2022) ANALISIS HASIL KARYA KOLASE SISWA KELAS IV SD N GAYAMSARI 02 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANGGI ARUM SABANDINI 18120124.pdf
Download (5MB)
Abstract
ANGGI ARUM SABANDINI. NPM 18120124. “Analisis Hasil Karya Kolase
Siswa Kelas IV SD N Gayamsari 02 Semarang”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Dosen pembimbing I Ibu Ari Widyaningrum, S.Pd., M.Pd.,
Pembimbing II Bapak Singgih Adhi Prasetyo, S.Sn., M.Pd.
Konteks Penelitian dalam penelitian ini adalah kondisi tingkat kreativitas
karya kolase di SD N Gayamsari 02 Semarang masih rendah. Masih banyak siswa
yang belum bisa mengembangkan kreativitas yang dimiliki, hal tersebut
dikarenakan kurangnya motivasi yang tinggi dan rasa percaya diri, sehingga
terkadang mereka hanya mengikuti instruksi dari guru dan melihat hasil dari
temannya. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah “Bagaimana hasil karya
kolase siswa kelas IV SD N Gayamsari 02 Semarang ?”, yang bertujuan untuk
mengetahui hasil karya kolase siswa kelas IV SD N Gayamsari 02 Semarang.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif, karena peneliti
mengamati, menganalisis, dan menafsirkan suatu objek yang akan diteliti guna
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi yang digunakan untuk menguji kredibilitas data.
Hasil penelitian yang dilakukan bahwa hasil karya kolase siswa kelas IV SD
N Gayamsari 02 Semarang yang berjumlah dua puluh tiga siswa dengan gambar
ulat dan kupu-kupu dibuat dari berbagai biji-bijian sehingga menghasilkan karya
kolase yang beragam. Hasil karya kolase siswa tersebut sudah banyak yang
menghasilkan karya kolase yang bagus indah dan menarik, namun ada beberapa
siswa yang belum bisa memenuhi ketuntasan dikarenakan siswa juga masih perlu
berlatih kesabaran, teliti dan percaya diri dalam mengembangkan ide yang
dimiliki.
Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan adalah siswa hendaknya
meningkatkan dan mengembangkan kemampuan kreativitas dalam berkarya
kolase saat mengerjakan siswa lebih bersabar dan teliti serta guru hendaknya
memberikan tugas kepada siswa untuk menggambar konsep terlebih dahulu, lalu
siswa berkolase menempelkan bahan yang sudah disiapkan, sehingga hasil karya
kolase siswa beragam dan tingkat kreativitas siswa lebih meningkat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 01:35 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 01:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2939 |