RISTIANI, ELSA (2022) ANALISIS NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA FILM G30S/PKI UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ELSA RISTIANI 18120201.pdf
Download (1MB)
Abstract
ELSA RISTIANI. NPM 18120201. “Analisis Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila
Pada Film G30S/PKI Untuk Anak Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pgri
Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya nilai-nilai
Profil Pelajar Pancasila pada anak usia sekolah dasar. Melalui hal tersebut, film
G3OS/PKI karya Arifin C Noer diharapkan dapat menjadi acuan pelajar pancasila
melalui cara yang inovatif dan menyenangkan dengan cara menonton untuk
meningkatkan nilai Profil Pelajar Pancasila pada anak usia sekolah dasar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apa saja nilai-nilai Profil
Pelajar Pancasila dalam film G30S/PKI?, 2) Bagaimana kebermanfaatan nilai�nilai Profil Pelajar Pancasila dalam film G30S/PKI untuk pembelajaran Sekolah
Dasar dimasa sekarang?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk 1) Menganalisis nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dalam film G30S/PKI, 2)
Mengetahui kebermanfaatan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dalam film
G30S/PKI untuk pembelajaran Sekolah Dasar dimasa sekarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif.
Digunakannya metode kualitatif dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan
data yang mendalam, suatu data yang diperoleh dari peristiwa yang terjadi dengan
menggunakan beberapa metode yang ada. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui wawancara, dokumentasi, serta metode pengamatan dan pencatatan.
Hasil analisis adalah bahwa film G30S/PKI mengandung enam nilai Profil
Pelajar Pancasila, yaitu Beriman bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak
mulia, Berkebinekaan Global, Gotong royong, Mandiri, Bernalar kritis, dan
Kreatif. Keenam nilai pelajar pancasila tersebut muncul dalam gambaran adegan
dan tindakan yang dilakukan para tokoh film. Dari enam dimensi Profil Pelajar
Pancasila tersebut, nilai Berpikir Kritis adalah nilai yang sering muncul dalam
film G30S/PKI.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah film
G30S/PKI dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengenalkan dan
menanamkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila pada anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 01:35 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 01:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2937 |