NOPIANI, SRI (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TEMA 5 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 5 DI SDN 4 KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SRI NOPIANI 18120091.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
SRI NOPIANI. NPM 18120091. “Keefektifan Model Pembelajaran Jigsaw
terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 5 Di
SDN 4 Klambu Kabupaten Grobogan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang. Permasalahan yang mendorong
penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya partisipasi
siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut disebabkan oleh pelaksanaan
pembelajaran yang masih berpusat pada guru, serta kurangnya kreativitas guru
dalam menggunakan model pembelajaran yang mengajak siswa berperan aktif
selama pembelajaran. Tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan model Jigsaw terhadap hasil
belajar siswa kelas III Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 5 di SDN 4 Klambu
Kabupaten Grobogan dilihat pada ketuntasan belajar dan hasil belajar siswa baik
kognitif, afektif, maupun psikomotrik. Jenis penelitian ini kuantitatif dalam
bentuk Pre-experiment design dengan desain One-group pretest-posttetst design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 4 Klambu Kabupaten
Grobogan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjunmlah 20 siswa yang
diambil menggunakan Teknik Probability Sampling. Data yang diperoleh melalui
tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan diperoleh
rata-rata pretest (54,75) dan rata-rata posttest (80,75). Hal tersebut diperkuat
dengan hasil analisis uji t bahwa thitung > ttabel yaitu 4,246 > 2,003 maka Ha
diterima sehingga model pembelajaran Jigsaw efektif terhadap hasil belajar siswa
kelas III Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 5 di SDN 4 Klambu Kabupaten
Grobogan. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan oleh peneliti
yaitu supaya guru berinovasi dalam menggunakan model pembelajaran agar siswa
antusias dalam mengikuti pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 04:02 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 04:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2913 |