PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 1 GODONG

SANABILA, ROFIATUS (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 1 GODONG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ROFIATUS SANABILA 18120004.pdf] Text
ROFIATUS SANABILA 18120004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ROFIATUS SANABILA. NPM 18120004. “Pengaruh Model Problem Based
Learning Terhadap Hasil Belajar Kelas V SDN 1 Godong” Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing 1 Prof. Dr. A. Y. Soegeng, Ysh., M.Pd. Pembimbing II
Dr. Joko Sulianto, S.Pd.,M.Pd. Oktober. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa mengalami
kesulitan dalam memahami materi IPA, kegiatan siswa ketika pembelajaran tidak
aktif atau pasif, kegiatan pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran
yang efektif, serta hasil belajar siswa belum maksimal.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model
problem based learning terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 1 Godong?.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model problem based learning
terhadap hasil belajar siswa IPA kelas V SDN 1 Godong.
Jenis Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre-
eksperimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, tes, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest 46,8 dan rata-rata posttest
87,9. Berdasarkan uji paired sampel t-test dengan df = N-1 = 32-1 = 31 dengan
taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung = 14,442 ttabel = 2,039. Ketuntasan belajar
individu dipandang tuntas belajar apabila memenuhi nilai KKM yaitu 70.
Ketuntasan belajar klasikal yaitu 97%. Dari hasil perhitungan tersebut diperoleh
thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dan ketuntasan belajar
dari model problem based learning terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 1
Godong.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh penulis menyampaikan saran
bagi guru, guru dapat menggunakan model problem based learning untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran, bagi sekolah hendaknya sekolah memberikan dukungan lebih akan
penerapan model yang dapat melibatkan keaktifan siswa dalam kegiatan
pembelajaran, bagi penulis penerapan model problem based learning dapat
dikembangkan menjadi kegiatan belajar yang aktif dan menyenangkan.
Pengaruh, Problem Based Learning, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:48
Last Modified: 15 Mar 2024 03:48
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2904

Actions (login required)

View Item
View Item