EFEKTIVITAS TEKNIK TALKING CHIPS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS XI MIPA DI SMA PGRI 1 PATI

JANAH, RISKHA MIFTAKHUL (2022) EFEKTIVITAS TEKNIK TALKING CHIPS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS XI MIPA DI SMA PGRI 1 PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RISKHA MIFTAJHUK JANAH 17110056.pdf] Text
RISKHA MIFTAJHUK JANAH 17110056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Riskha Miftakhul Janah. NPM. 17110056 : “Efektivitas Teknik
Talking Chips Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan
Kecerdasan Emosi Siswa kelas XI MIPA Di SMA PGRI 1 Pati”. Skripsi
Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang Tahun 2022. Suhendri, S.Pd., M.Pd., Kons. Dr. Chr. Argo
Widiharto., M.Si.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan emosi pada
siswa kelas XI MIPA SMA PGRI 1 Pati yang ditunjukan dengan beberapa
masalah seperti banyak siswa yang masih belum mampu mengontrol emosinya,
kurangnya rasa empati, dan sikap siswa yang cenderung individual serta
kurangnya menghargai orang lain.
Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini terkait peningkatan
kecerdasan emosi siswa XI MIPA SMA PGRI 1 Pati. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui efektivitas teknik talking chips melalui bimbingan kelompok untuk
meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas XI MIPA di SMA PGRI 1 Pati. Jenis
penelitian ini kuantitatif dalam bentuk true experimental design dengan desain
pre-test dan post-test control group design. Populasi yang digunakan adalah siswa
kelas XI MIPA di SMA PGRI 1 Pati tahun ajaran 2021/2022. Sample diambil
menggunakan simple random sampling yang diambil sebanyak 20 siswa, 10 siswa
untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui instrument penelitian berupa skala psikologi
kecerdasan emosi.
Ditunjukkan dengan hasil perhitungan analisis data post-test skor rata-rata
kelompok eksperimen mengalami peningkatan dari 79,6 menjadi 86 setelah
dilaksanakannya treatment. Tingkat kecerdasan emosi siswa yang tidak diberikan
treatment bimbingan kelompok dengan teknik talking chips hanya terjadi
peningkatan yang minim, yaitu dari 8,2 menjadi 82,5. Berdasarkan hasil uji
hipotesis menggunakan uji-t diperoleh hasil t hitung sebesar 7,852832. Pada taraf
signifikansi 5% berarti thitung 7,852832 > ttabel 2,101. Oleh karena itu dapat
disimpulkan bahwa “ada efektivitas teknik talking chips melalui bimbingan
kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas XI MIPA SMA
PGRI I Pati tahun ajaran 2021/2022.
KATA KUNCI: Teknik Talking Chips, Bimbingan Kelompok, Kecerdasan
Emosi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:45
Last Modified: 15 Mar 2024 03:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2901

Actions (login required)

View Item
View Item