PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus di Warung Dhong Coffee)

Pinandita, Riko Vitrasya (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus di Warung Dhong Coffee). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Riko Vitrasya Pinandita 18220029.pdf] Text
Riko Vitrasya Pinandita 18220029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sekarang ini dapat dikatakan bahwa perkopian merupakan salah satu usaha yang
digemari oleh generasi millennial sekarang ini. Di Desa Panggung Royom, Kecamatan
Wedarijaksa, Kabupaten Pati terdapat warung kopi yang cukup terkenal milik Mas Dhong yang
diberi nama “Dhong Coffee”. Dhong Coffee berdiri pada tahun 2001 dan sampai sekarang.
Warung Dhong Coffee memiliki harga yang cukup mahal dari warung-warung yang lain.
Tempat yang digunakan Warung Dhong Coffee untuk membuka usahanya tidak terlalu luas
dan berada di dalam desa, meskipun begitu Warung Dhong Coffee sangat ramai dikunjungi
setiap hari terutama pada hari Jumat dan Minggu. Dengan adanya fenomena tersebut
mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Kualitas Produk,
Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Di Warung
Dhong Coffee).
Populasi dalam penalitian ini adalah konsumen pada Warung Dhong Coffee. Jenis
populasi yang digunakan oleh peneliti adalah populasi tak terhingga, yaitu sumber datanya
tidak dapat ditentukan batasan-batasannya sehingga relative tidak dapat dinyatakan dalam
bentuk jumlah. Karena populasi anggota tidak diketahui secara pasti jumlahnya, ukuran sampel
diperhitungkan dengan rumus Cochran mendapatkan jumlah sebanyak 97. Untuk menperoleh
data dari sampel menggunakan dengan cara menyebar kuesioner melalui Google form kepada
konsumen yang telah membeli pada warung Dhong Coffee Kabupaten Pati.
Penelitian ini mengunakan analisis regresi linier berganda. Hasil Analisis Regresi
Linier Berganda pada penelitian ini adalah Y = 3,219 + 0,306 + 0,648 + 0,140 + e. Hasil dari
uji t Produk (X1) yaitu 3,210 > 1.985 dan nilai sig. yaitu 0,002 < 0,05, Harga (X2) yaitu 4,369
> 1.985 dan nilai sig. yaitu 0,000 < 0,05, Kualitas pelayanan (X3) yaitu 1,968 > 1.985 dan nilai
signifikansi yaitu 0,052 < 0,05, menunjukkan bahwa variabel Produk dan harga memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian sedangkan kualitas pelayanan
tidak berpengaruh positif terhadap keputuasan pembelian. Hasil dari uji F, F hitung > F tabel (99.442
> 2.70) dan nilai probabilitas < signifikansi (0,000 < 0,05), menunjukkan bahwa variabel
Produk (X1), Harga (X2), dan Kualitas Pelayanan (X3) secara bersama-sama berpengaruh
positif terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Nilai R Square (R 2 ) pada tabel dapat
diketahui sebesar 0,762 atau 76,2%, jadi dapat diambil kesimpulan besarnya pengaruh variabel
produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sebesar 0,762 (76,2%).
Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:10
Last Modified: 03 Jan 2024 03:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/29

Actions (login required)

View Item
View Item