EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI CANDIREJO 02 KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG

NURCAHYA, RIZA FIXI (2022) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI CANDIREJO 02 KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RIZA FIXI NURCAHYA 18120236.pdf] Text
RIZA FIXI NURCAHYA 18120236.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Riza Fixi Nurcahya. NPM 18120236. “Efektifitas Penggunaan Model
Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V SD
Negeri Candirejo 02 Pringapus, Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang. 2018.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan siswa
dalam berfikir kritis masih redah dengan rata rata 34% tuntas, sedangkan 66%
tidak tuntas. Selain itu guru juga belum pernah menggunakan model Problem
Based Learning dalam pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah efektivitas penggunaan
model Problem based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas V
SD Negeri Cadirejo 02? Tujuan yang hendak dicapai peneliti dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan model Problem Based Learning
terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas V SD Negeri Candirejo 02.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-
Eksperimental Design dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu Pre-Eksperimental Designs dengan jenis one-group pretest-posttest
designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD
Negeri Candirejo 02. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu seluruh
siswa kelas V sejumlah 12 siswa.
Berdasarkan perhitungan maka diperoleh hasil pretest sebanyak 8% siswa
yang tuntas dan sebanyak 92% siswa yang tidak tuntas. Sedangkan hasil posttest
sebanyak 83% siswa yang tuntas dan 17% siswa yang tidak tuntas dengan rata rata
posttest 77. Hasil analisis hasil uji t menyatakan bahwa nilai Thitung sebesar 3,77.
Karena Thitung> Ttabel yaitu 3,77>2,179, maka H0 ditolak dan Ha diterima dapat
disimpulkan bahwa terdapat efektifitas penggunaan model Problem Based
Learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas V SD Negeri Candirejo
02.
Model pembelajaran Problem Based Learning ini dapat dijadikan sebagai
salah satu alternative guru untuk mengajar sehingga siswa lebih aktif selama
proses pembelajaran dan kemampuan berfikir kritis siswa dapat meningkat.
Kata kunci : Model Problem Based Learning, kemampuan berfikir kritis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:38
Last Modified: 15 Mar 2024 03:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2898

Actions (login required)

View Item
View Item