HUBUNGAN RESILIENSI REMAJA DENGAN DUKUNGAN SOSIAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

Syaputra, Miftah Dwi (2022) HUBUNGAN RESILIENSI REMAJA DENGAN DUKUNGAN SOSIAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MIFTAH DWI SYAPUTRA 15320094.pdf] Text
MIFTAH DWI SYAPUTRA 15320094.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Miftah Dwi Syaputra. 16110121. ”Hubungan Resiliensi Remaja dengan
Dukungan Sosial Guru Bimbingan dan Konseling”. Skripsi. Program Studi
Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Dr, Heri Saptadi Ismanto, S. Pd., M. Pd., Kons., Desi Maulia, S.Psi.,
M.Psi., Psi. November. 2022.
Berdasarkan latar belakang masalah kondisi kedisiplinan beberapa siswa kurang
baik selama pembelajaran jarak jauh. Beberapa siswa melakukan pelanggaran
seperti mengumpulkan tugas terlambat, tidak menggunakan seragam ketika kelas
online, makan dan minum pada saat belajar. Maka tujuan penelitian ini adalah:
mengetahui hubungan resiliensi remaja dengan dukungan sosial guru bimbingan
dan konseling.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional, karena
bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan dua variabel atau
menyatakan besar kecinya hubungan antara dua variabel penelitian. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MAN 1 Demak, yang berjumlah
108 siswa dari tiga kelas. Try out akan dilaksanakan di kelas X IPS 1 dengan
jumlah 36 Siswa.Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Untuk
menentukan sampel yang akan digunakan dalam penelitian, terdapat berbagai
teknik sampling yang digunakan. Pada penelitian ini teknik sampling yang
digunakan adalah teknik cluster random sampling. Teknik cluster random
sampling merupakan teknik sampling daerah yang digunakan untuk menentukan
sampel bila objek yang akan diteliti atau sumber data sangat luas (Sugiyono,
2017).
Hasil analisis Anova dalam SPSS, jika nilai signifikan > 0,05, maka distribusi
data adalah homogen dan jika nilai signifikan < 0,05, maka distribusi data adalah
tidak homogen. Dengan hasil variabel resiliensi remaja dan dukungan sosial guru
bimbingan dan konseling adalah homogen 0,738>0,05. Hasil analisis
membuktikan bahwa resiliensi remaja dan dukungan sosial guru bimbingan dan
konseling mempunyai hubungan yang signifikan, kemudian hasil uji korelasi
diperoleh signifikan F change 0,01<0,05 artinya memiliiki person correlated
dalam tahap korelasi positif yang kuat. Saran yang dapat peneliti sampaikan
hendaknya meningkatkan kemampuan resiliensi remaja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:41
Last Modified: 15 Mar 2024 03:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2897

Actions (login required)

View Item
View Item