DESIANA, SELA WEGA (2022) POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA KELAS IV SDN 4 PUTATSARI KECAMATAN GROBOGAN KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SELA WEGA DESIANA 18120039.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Sela Wega Desiana. NPM 18120039. “Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam
Membentuk Karakter Kemandirian Siswa Kelas IV SDN 4 Putatsari Kecamatan
Grobogan Kabupaten Grobogan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I Dr. Kartinah, S.Si., M.Pd dan Dosen Pembimbing II Mei Fita Asri
Untari, S.Pd., M.Pd. Agustus, 2022
Siswa kurang mandiri dalam kegiatan sehari-hari. Alternatif pola asuh demokratis
orang tua dapat diterapkan oleh orang tua dalam membentuk karakter kemandirian
siswa kelas IV SDN 4 Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan.
Penelitian ini menjawab pertanyaan sebagai berikut, 1) Bagaimana proses pola
asuh demokratis orang tua dalam membentuk karakter kemandirian siswa kelas IV
SDN 4 Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan? 2) Hasil pola asuh
demokratis orang tua dalam membentuk karakter kemandirian siswa kelas IV
SDN 4 Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan.
Peneliti melakukan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subyek
penelitian ini adalah orang tua siswa dan siswa kelas IV. Lokasi penelitian di SDN
4 Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan. Metode pengumpulan data yang
digunakan dengan wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model Miles dan
Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan
penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification).
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah penerapan pola asuh
demokratis orang tua belum berjalan maksimal. Dari pihak sekolah sebenarnya
memberikan beberapa faktor pendukung dalam penerapan pola asuh demokratis
orang tua, diantaranya adanya peraturan tata tertib sekolah, pengarahan oleh guru
terhadap siswa apabila melakukan kesalahan dan komunikasi antara guru dan
orang tua terhadap kemandirian siswa di sekolah. Akan tetapi dalam penerapan
pola asuh demokratis orang tua setiap hari tidak sesuai dengan program sekolah
dimana guru tidak melakukan penilaian saat proses kegiatan kemandirian
berlangsung, sehingga siswa kurang mandiri setiap harinya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:27 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2893 |