RISTIANI, RISTIANI (2022) HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS VIII MTs TARBIYATUS SIBYAN KECAMATAN GEMBONG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RISTIANI 17110131.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Ristiani. NPM 17110131.“Hubungan Hubungan Kematangan Emosi dengan
Perencanaan Karir Siswa Kelas VII & VIII MTs Tarbiyatus Sibyan”. Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. 2022. Pembimbing 1 Dr. M.Th.S.R. Retnaningdyastuti, M.Pd.
Pembimbing II MA. Primaningrum DM., S.Psi., M.Psi.,Psi.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa kurang memiliki
kematangan emosi yang kurang terhadap pengambilan keputusan yang dimiliki, hal
tersebut berkaitan dengan perencanaan karir. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah ada hubungan antara kematangan emosi dengan perencanaan
karir siswa kelas VII & VIII MTs Tarbiyatus Sibyan Kecamatan Gembong.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang dilaksanakan pada
semester ganjil tahun ajaran 2020/2023 di MTs Tarbiyatus Sibyan. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII & VIII MTs tarbiyatus Sibyan dengan
jumlah 55 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.
Dari populasi yang ada terdapat sebanyak 55 siswa sekaligus dijadikan untuk sampel.
Instrumen yang digunakan menggunakan skala Likert, teknik analisis yang
digunakan yaitu korelasi Product Moment.
Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukan bahwa
perencanaan karir siswa kelas VII & VIII MTs Tarbiyatus Sibyan yaitu dari 55
subjek kategori perencanaan karir sangat rendah terdiri dari 4 siswa (8%). kategori
rendah terdiri dari 7 siswa (12%), kategori sedang terdiri dari 32 siswa (58%),
kategori tinggi terdapat 8 siswa (14%), dan kategori sangat tinggi terdapat 4 siswa
(8%). Hasil data untuk kematangan emosi siswa kelas VII & VIII MTs Tarbiyatus
Sibyan yaitu dari 55 subjek dengan skor kategori kematangan emosi sangat rendah
terdiri dari 9 siswa (16%), kategori rendah terdiri dari 13 siswa (23%), kategori
sedang terdiri dari 22 siswa (41%), kategori tinggi terdapat 4 siswa (8%), kategori
sangat tinggi terdapat 7 siswa (12%).
Berdasarkan hasil uji hipotesis dalam uji korelasi Product Moment diperoleh
diperoleh r hitung < r tabel 0,742 < 0,266 dengan nilai signifikasi 0,001< 0,05
yang artinya dapat diambil kesimpulan bahwa kedua variabel berkorelasi diperoleh
hasil yang menunjukan bahwa ada hubungan antara kematangan emosi dan
perencanaan karir yang signifikan dari kedua variabel yaitu 0,742, Ha diterima pada
taraf siginfikan 5% dan Ho ditolak. Dengan nilai koefisien determinasi 55%,
berdasarkan hasil tersebut bahwa kematangan emosi memberikan sumbangan
terhadap perencanaan karir siswa sebesar 55% sedangkan 45% dipengaruhi oleh
faktor lain.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran.
Bagi kepala sekolah diharapkan lebih mengoptimalkan program-program yang ada
dalam BK berupa fasilitas penunjang sehingga guru-guru dapat memberikan
program layanan secara maksimal. Bagi siswa diharapkan dapat mengembangkan
kematangan emosinya dengan baik serta mampu menciptakan perencanaan karir
yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat
menggunakan variabel selain kematangan emosi untuk meneliti hubungan dengan
variabel perencanaan karir juga dapat menggunakan metode lain agar dapat
memberikan hasil yang variatif.
Kata kunci : Kematangan Emosi, Perencanaan Karir.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:15 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2889 |