HASTUTI, PRIHMUKTI SETYO DWI (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN SD NEGERI SENDANGSOKO KECAMATAN JAKENAN KABUPATEN PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
PRIHMUKTI SETYO DWI H16120030.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
PRIHMUKTI SETYO DWI HASTUTI. NPM 16120030. “Analisis Kesulitan
Belajar Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Operasi Hitung
Pecahan SD Negeri Sendangsoko Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar siswa kelas V pada pemecahan masalah materi operasi hitung pecahan.
Hal tersebut disebabkan siswa mengalami kesulitan–kesulitan dalam belajar
pemecahan masalah materi operasi hitung pecahan.
Pertanyaan dalam penelitian ini adalah: (1) Apa saja kesulitan siswa
kelas V dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah operasi hitung pecahan?
(2) Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas V
dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah operasi hitung pecahan SD Negeri
Sendangsoko Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati? Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kesulitan-kesulitan dan (2)
faktor yang menyebabkan siswa kelas V kesulitan dalam menyelesaikan soal
pemecahan masalah materi operasi hitung pecahan SD Negeri Sendangsoko
Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian siswa kelas V SD
Negeri Sendangsoko Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati tahun pelajaran
2020/2021 yang mengalami kesulitan belajar berjumlah 15 siswa. Teknik analisis
data diperoleh melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa kelas V SD Negeri
Sendangsoko Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan soal pemecahan masalah yang meliputi: kurangnya pemahaman
bahasa, kesulitan mengubah model matematika ke kalimat matematika, kesulitan
dalam membaca, sering tertukar operasi hitung yang digunakan, lemah dalam
keterampilan berhitung, kurangnya pengetahuan siswa pada pemecahan masalah.
(2) Faktor penyebabnya adalah faktor internal dan eksternal. (a) faktor internal,
meliputi: Rendahnya minat belajar, motivasi belajar rendah, kesiapan, dan
kesehatan tubuh. (b) Faktor eksternal meliputi: (1) lingkungan keluarga karena
kurangnya perhatian dan bimbingan orangtua. (2) lingkungan sekolah dari guru
yang kurang tegas/kurang memotivasi, dan cara mengajar yang tidak
menggunakan alat peraga pembelajaran, model dan metode yang kurang
bervariatif. Waktu sekolah yang terbatas selama covid-19. Terbatasnya fasilitas
sekolah yang diberikan yaitu LCD yang kurang memadai. (3) Faktor mass media
dan lingkungan sosial, meliputi: penggunaan HP dan TV, lingkungan pertemanan
dan tetangga yang kurang memotivasi semangat belajar.
Berdasarkan hasil penelitian ini yang dapat disampaikan adalah agar guru
meningkatkan motivasi siswa dan memperbaiki cara mengajar. Sedangkan bagi
siswa harus meningkatkan minat dan motivasi belajar, menjaga kesehatan tubuh,
dan sering berlatih soal pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:13 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2887 |