ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN IPS PADA BUKU AJAR TEMATIK TERBITAN KEMENDIKBUD REVISI 2017 KELAS V SD SEMESTER II

WIDIAWATI, RISA (2022) ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN IPS PADA BUKU AJAR TEMATIK TERBITAN KEMENDIKBUD REVISI 2017 KELAS V SD SEMESTER II. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RISA WIDIAWATI 17120280.pdf] Text
RISA WIDIAWATI 17120280.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

RISA WIDIA WATI. NPM 17120280. “Analisis Materi Pembelajaran IPS pada
Buku Ajar Tematik Terbitan Kemendikbud Revisi 2017 Kelas V SD Semester II.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah penyampaian
pembelajaran IPS pada KTSP disampaikan terpisah dengan mata pelajaran lain,
sedangkan pada Kurikulum 2013 penyampaianya diubah dalam bentuk tematik
yaitu penyampaian pelajaran IPS dipadukan beberapa mata pelajaran lain dan
dikemas dalam bentuk tema. Kemendikbud mengadakan buku ajar dalam bentuk
teks sebagai sumber belajar dalam implementasi Kurikulum 2013 dan buku
terbitan Kemendikbud banyak digunakan di sekolah dibandingkan dengan buku
terbitan lain.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah materi pembelajaran IPS
pada buku ajar tematik tema enam terbitan Kemendikbud Revisi 2017 kelas V SD
semester II?, 2) Bagaimanakah pengelompokan pembelajaran IPS berdasarkan
ruang lingkup Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif,
lokasi penelitian dalam penelitian adalah SD Negeri Pedurungan Kidul 01
Semarang. Pengumpulan data diperoleh menggunakan wawancara dan studi
dokumentasi. Data yang digunakan adalah hasil analisis Buku Ajar Tematik
Terbitan Kemendikbud Revisi 2017 Kelas V SD Semester II yang berupa analisis
kesesuaian materi dengan KD, keluasan materi, kedalaman materi, kesesuaian
materi dengan aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan, kesesuaian materi
dengan pendekatan saintifik, kesesuaian ilustrasi, serta ruang lingkup
pembelajaran IPS.
Hasil analisis buku menyatakan kesesuaian keluasan materi mendapat
kategori sesuai dengan persentase terendah yakni 66,66%, kesesuaian kedalaman
materi 88,88% dengan kategori sangat sesuai, kesesuaian materi dengan
pendekatan saintifik 89,99% dengan kategori sangat sesuai, kesesuaian materi
dengan KD 94,44% dengan kategori sangat sesuai, kesesuaian materi dengan
ilustrasi 100% dengan kategori sangat sesuai, serta pada tema enam tergolong
ruang lingkup geografi pada subtema ke-1 dan sosiologi pada subtema ke-2 dan
ke-3.
Saran yang dapat disampaikan penulis adalah berdasarkan hasil analisis
dapat dijadikan acuan untuk melengkapi kekurangan yang terdapat dalam buku
siswa, sehingga penulis buku hendaknya memperhatikan hal-hal yang berkaitan
dengan kesempurnaan buku. selain itu penelitian ini dapat dijadikan bahan
perbandingan dan refrensi bagi penulis lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:09
Last Modified: 15 Mar 2024 03:09
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2885

Actions (login required)

View Item
View Item