PENGEMBANGAN E-LKPD MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN KALIKALONG 01

RAHMAWATI, MEYLINDA (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN KALIKALONG 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MEYLINDA RAHMAWATI 18120150.pdf] Text
MEYLINDA RAHMAWATI 18120150.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
MEYLINDA RAHMAWATI. NPM 18120150. “Pengembangan E-LKPD Mata
Pelajaran Matematika Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Kelas IV SDN Kalikalong 01”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2022.
Dampak pelaksanaan pembelajaran di era Pandemi Covid-19
mengakibatkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi mata
pelajaran matematika. Selain itu, pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas
menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa menurun khususnya pada mata
pelajaran matematika. Guru kelas IV sudah menggunakan perangkat pembelajaran
online berupa lembar kerja peserta didik berbasis elektronik guna mendukung
kegiatan belajar di rumah. Namun lembar kerja peserta didik berbasis elektronik
tersebut hanya berisikan tugas dan soal-soal saja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan E�LKPD mata pelajaran Matematika dalam menstimulasi kemampuan berpikir kritis
siswa kelas IV SDN Kalikalong 01.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan desain
penelitian one group pretest postest. Sampel yang diambil adalah 22 peserta didik
kelas IV menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk sampling
jenuh.
Hasil validasi E-LKPD dari ahli materi menggunakan indeks Gregory
memperoleh skor 1 berada pada kategori tinggi, sedangkan hasil validasi dari ahli
E-LKPD memperoleh skor 1 berada pada kategori tinggi. Uji keefektifan pada
penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon menggunakan data pretest postest
kemampuan berpikir kritis pada materi pengukuran sudut. Berdasarkan hasil uji
Wilcoxon diketahui Asymp. Sig. (2-tailed) atau nilai probabilitas uji Wilcoxon
bernilai 0,000 <0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat
perbedaan rata-rata antara data pretest dan postest, maka dapat disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan E-LKPD mata
pelajaran matematika untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah E�LKPD mata pelajaran Matematika dapat menjadi salah satu pilihan perangkat
pembelajaran yang dapat digunakan oleh pendidik dalam mengajarkan materi
pengukuran sudut pada kelas IV Sekolah Dasa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:08
Last Modified: 15 Mar 2024 03:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2884

Actions (login required)

View Item
View Item