PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI DIGITAL SUPLEMEN SBDP KELAS 1 TEMA 7

TRIHAPSARI, RIKA ARIN (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI DIGITAL SUPLEMEN SBDP KELAS 1 TEMA 7. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RIKA ARIN TRIHAPSARI 18120114.pdf] Text
RIKA ARIN TRIHAPSARI 18120114.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

RIKA ARIN TRIHAPSARI. NPM 18120114. “Pengembangan Bahan Ajar
Berbasis Literasi Digital Suplemen SBdP Kelas I Tema 7”. Skripsi. Program Studi
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Rofian, S.Pd.,
M.Pd. November, 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Kurangnya bahan
ajar yang sesuai dengan kondisi siswa sebab guru menerangkan materi tanpa di
dukung oleh sumber belajar dan buku pendamping belajar, sehingga siswa hanya
berimajinasi untuk memahami materi tanpa ada kegiatan langsung.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkah
pengembangan suplemen bahan ajar berbasis literasi digital seni budaya dan
prakarya kelas I tema 7?, (2) Bagaimana kelayakan suplemen bahan ajar berbasis
literasi digital seni budaya dan prakarya kelas I tema 7?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan
suplemen bahan ajar berbasis literasi digital seni budaya dan prakarya kelas I tema
7. Untuk mengetahui kelayakan suplemen bahan ajar berbasis literasi digital seni
budaya dan prakarya kelas I tema 7.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development) dengan menggunakan 5 langkah menurut Borg and Gall yaitu: (1)
Pengumpulan informasi awal, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan bentuk awal
produk, (4) Uji coba lapangan awal, dan (5) Revisi hasil uji coba. Teknik analisis
data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan teknik analisis data
deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan penelitian ini telah dikembangkan bahan ajar berupa buku
cetak. Yang berbeda dari bahan ajar ini dengan bahan ajar yang lain yaitu
keunggulan adanya QR Code disetiap subtema. Hasil uji coba lapangan awal yang
telah dilakukan pada penilaian guru kelas I SD Negeri 1 Rengging diperoleh 96%,
guru kelas 1 SD Negeri 2 Rengging diperoleh 96%, dan guru kelas 1 SD Negeri 4
Pecangaan diperoleh 94%. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar dinyatakan
valid dan layak digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya suplemen bahan ajar berbasis literasi digital seni budaya dan prakarya
kelas I tema 7 ini dapat digunakan sebagai alat untuk mengajar dan sumber belajar
bagi guru untuk materi SBdP.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:05
Last Modified: 15 Mar 2024 03:05
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2883

Actions (login required)

View Item
View Item