ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 2 KERTOMULYO

SUCI, RISA WULAN (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 2 KERTOMULYO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RISA WULAN SUCI 18120186.pdf] Text
RISA WULAN SUCI 18120186.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

RISA WULAN SUCI. NPM 18120186. “Analisis kesulitan belajar siswa
dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi volume bangun ruang
kelas V SD Negeri 2 Kertomulyo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Ervina
Eka S, S.Si.,M.Pd dan Fajar Cahyadi, S,Pd., M.Pd. Juli. 2022
Latar belakang dari penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan
terhadap pembelajaran matematika terutama dalam menyelesaikan soal cerita
matematika materi volume bangun ruang siswa kelas V, kebanyakan siswa
masih salah dalam mengerjakan soal.
Permasalahan pada penelitian ini adalah 1) Apa kesulitan yang dialami
siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi volume bangun
ruang?, 2)Upaya yang dilakukan guru untuk mengurangi kesulitan siswa
dalam menyelesaikan soal ceria matematika materi volume bangun ruang
SDN 2 Kertomulyo.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk Mengetahui kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita
matematika materi volume bangun ruang kelas V dan upaya yang dilakukan
guru untuk mengurangi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
matematika materi volume bangun ruang SDN Kertomulyo.
Jenis penelitian ini adalah bersifat kualitatif. Menggunakan metode tes,
wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
V SD N 2 Kertomulyo.
Hasil penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa yang
mengalami kesulitan adalah 10 siswa. dalam penelitian terdapat beberapa
temuan yaitu : (1) kesulitan siswa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa
mengalami kesulitan dalam memeriksa kembali dan memahami masalah.(2)
upaya yang dilakukan guru untuk mengurangi kesulitan siswa dengan cara
memberi soal evaluasi dan mengulang materi tambahan ketika saya belum
paham.
Saran yang disampaikan yaitu kepada guru juga harus mengetahui
kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Saran
kepada siswa yaitu Siswa harus lebih sering memperhatikan pembelajaran
dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:02
Last Modified: 15 Mar 2024 03:02
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2882

Actions (login required)

View Item
View Item