UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MELALUI PENERAPAN ATURAN KELAS DI PAUD NURUL IMAN KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG

ASMAWATI, YUNI (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MELALUI PENERAPAN ATURAN KELAS DI PAUD NURUL IMAN KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of YUNI ASMAWATI 18156163.pdf] Text
YUNI ASMAWATI 18156163.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Yuni Asmawati . NPM 18156163. “Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Anak
Melalui Penerapan Aturan Kelas di PAUD Nurul Iman Kecamatan Ungaran Timur
Kabupaten Semarang”. Skrips. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2021.
Kedisiplinan anak merupakan hal yang terjadi tidak secara instan,
melainkan terjadi karena dilakukan berulang-ulang karena ketaatan anak pada suatu
aturan yang berlaku di kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan usianya. Latar
belakang yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini adalah
rendahnya kedisiplinan anak di PAUD Nurul Iman Kecamatan Ungaran Timur
Kabupaten Semarang pada setiap awal tahun pelajaran. Hal tersebut, disebabkan
kurangnya pengoptimalan metode pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kedisiplinan anak di PAUD Nurul Iman
Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang
Metode yang digunakan dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode
penerapan aturan kelas. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan
melakukan 2 kali siklus dan setiap siklus diadakan 3 kali pertemuan. Sumber data
di dapat dari sampel yang sudah diambil peneliti yaitu 10 anak di PAUD Nurul
Iman Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Hasil penelitian pada
observasi di awal menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan anak masih rendah.
Pada siklus I peneliti menggunakan pembelajaran melalui penerapan aturan kelas
dengan tema diriku anggota tubuhku, pada siklus ini terjadi peningkatan sebesar
10%. pada siklus II kembali terjadi peningkatan kedisiplinan anak menjadi 100%
anak berada pada kedisiplinan kriteria berkembang sangat baik. dapat disimpulkan
bahwa melalui penerapan aturan kelas dapat meningkatkan kedisiplinan anak di
PAUD Nurul Iman. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang bisa disampaikan
peneliti yaitu melalui penerapan aturan kelas dapat digunakan untuk meningkatkan
kedisiplinan anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:52
Last Modified: 15 Mar 2024 02:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2877

Actions (login required)

View Item
View Item