PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 8 SUB TEMA 2 KELAS 4 SD N 1 GODONG

RENITA, RENITA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 8 SUB TEMA 2 KELAS 4 SD N 1 GODONG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RENITA 18120132.pdf] Text
RENITA 18120132.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

RENITA. NPM 18120132. “Penerapan model pembelajaran project based
learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tema 8 sub tema 2
kelas 4 sd negeri 1 godong 2022”. Skripsi program studi pendidikan guru
sekolah dasar fakutas ilmu pendidikan universitas pgri semarang.
Pembimbing l Choirul Huda M.Si.,M.Pd. Pembimbing ll Prasena Arisyanto,
S.Pd.,M.Pd.
Latar belakang dalam penelitian adalah belum diterapkan model
pembejaran yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran Pembelajaran masih
berpusat pada pendidik, tidak adanya interaksi antara peserta didik dan
pendidik dan pendidik mengutamakan atau memfokuskan pada pemahaman
teori atau aspek kognitif. Sehingga pembelajaran kurang menyenangkan dan
menarik perhatian peserta didik dan pembejaran lebih banyak teori.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana hasil penerapan
model project based learning terhadap meningkatkan hasil belajar peserta
didik tema 8 sub tema 2 kelas 4 SDNegeri 1 Godong. Tujuan dari penelitian
ini untuk mengetahui hasil penerapan model project based learning terhadap
hasil belajar peserta didik tema 8 sub tema 2 kelas 4 SD Negeri 1 Godong”.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan desain
Pre-Eksperimental Design Grup Berbentuk One-Grup Pretest-Posttest
Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi,
wawancara, tes yang terdiri dari prettest-posttest dengan teknik analisis data
menggunakan paired sampel t-test dengan db N1+N2-1 dan taraf siginifikan
0,05.
Hasil perhitungan data setelah dilakukan hipotesis dengan data yang
didfapatkan menunjukan rata-rata prettest 55,1 dan posttest 80,6.
Berdasarkan hasil Uji paired sampel T-test diperoleh Thitung= 4.532 dan
Ttabel=2.037. dan sampel diambil adalah 19 peserta didik keas 4 Dari hasil
perhitungan tersebut diperoleh Thitung > Ttabel maka dapat disimpulkan bahwa
penerapan model project based learning berhasil meningkatkan hasil belajar
peserta didik kelas 4 SD Negeri 1 Godong.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti menyampaikan
saran bahwa model project based learning dapat dijadikan alternatif
disekolah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Project based learning, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:49
Last Modified: 15 Mar 2024 02:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2874

Actions (login required)

View Item
View Item