HAMAMI, ANANDA RIZQON (2022) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DALAM BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA LITERASI NUMERASI DIGITAL DI SD NEGERI GONDANG 04 KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANANDA RIZQON HAMAMI 18120264.pdf
Download (4MB)
Abstract
ANANDA RIZQON HAMAMI. NPM 18120264. “Analisis Pemahaman Siswa
Kelas IV Dalam Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Media Literasi
Numerasi Digital di SD Negeri Gondang 04 Kecamatan Subah Kabupaten
Batang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I Dr. Bagus Ardi Saputro, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing II Henry
Januar Saputra, S.Pd, M.Pd. 2022.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa khususnya
siswa SD terhadap pelajaran matematika bisa dibilang masih minim, sehingga
sebagian besar siswa SD beranggapan bahwa pelajaran matematika merupakan
pelajaran yang sulit untuk dipelajari dan cenderung mudah bosan dalam belajar,
karena dalam menjawab soal harus berdasarkan pada proses perhitungan yang
benar-benar sesuai dengan prosedurnya untuk mendapatkan jawaban yang tepat.
Dalam penelitian ini membahas bagaimana cara siswa kelas IV agar bisa
memahami dan mampu dalam menghitung operasi hitung bilangan bulat melalui
media literasi numerasi digital. Tujuannya untuk mengetahui seberapa besar
pemahaman siswa kelas IV dalam belajar pada materi operasi hitung bilangan
bulat melalui media literasi numerasi digital.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
mengambil data dan informasi yang sesuai dengan fakta dilapangan. Data
diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif.
Dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa kelas IV di SD
Negeri Gondang 04 dalam belajar operasi hitung bilangan bulat sudah cukup baik
meskipun siswa terkadang masih kesulitan dalam memahami soalnya. Siswa
bersungguh-sungguh dalam mendengarkan materi operasi hitung bilangan bulat,
siswa bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, siswa tidak malu
bertanya mengenai bagian materi operasi hitung bilangan bulat yang susah
dipahami, siswa tidak sering mengeluh dalam belajar di kelas, sebagian siswa
mencoba belajar media digital berupa laptop di rumah dan siswa selalu berusaha
menyelesaikan tugas maupun latihan soal yang diberikan guru.
Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah sekolah diharapkan bisa
meningkatkan lagi kualitas alat media pendukung untuk pembelajaran, seperti
media digital karena hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merasa senang
dan bersemangat jika pembelajaran disertai alat media pendukung. Siswa
diharapkan agar lebih giat lagi dalam mengikuti kegiatan belajar matematika
maupun mata pelajaran lain agar bisa meningkatkan pemahamannya, salah
satunya belajar disertai media literasi numerasi digital pada materi operasi hitung
bilangan bulat, karena kegiatan ini juga dapat bermanfaat terhadap diri siswa.
Kata Kunci : Pemahaman, Media Literasi Numerasi Digital, dan Operasi Hitung
Bilangan Bulat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 02:48 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 02:48 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2872 |