ROBANI, MELIA ERBA (2022) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN STRES AKADEMIK SISWA KELAS IX SMP N 01 WATUKUMPUL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MELIA ERBA ROBANI 18110044.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Melia Erba Robani NPM 1811004. “Hubungan antara Efikasi Diri dengan Stress
Akademik Siswa Kelas IX SMP N 01 Watukumpul” Skripsi. Program Studi
Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan . Universitas PGRI
Semarang.2022. Dosen Pembimbing I Dr. M. Th.S.R. Retnaningdyastuti, M.Pd
Dosen Pembimbing II Desi Maulia, S.Psi.,M.Psi.,Psi.
Latar belakang dalam penelitian ini membahas tentang efikasi diri apakah
terdapat pengaruh dengan stress akademik pada siswa, dimana dengan adanya
tuntutan tugas akademik yang menjadi stressor pada siswa, salah satu faktor yang
dapat menyebabkan stress akademik adalah efikasi diri. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menganalisis hubungan antara efikasi diri dengan stress akademik
pada siswa kelas IX SMP N 01 Watukumpul. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian koresional. Populasi pada
penelitian ini berjumlah 221 siswa. Teknik probability sampling merupakan
teknik pengambilan sampel yang melakukan pengambilan samplenya dengan
random atau acak. Metode ini memberikan seluruh anggota populasi
kemungkinan (probability) atau kesempatan yang sama untuk menjadi sampel
terpilih.
Berdasarkan uji korelasi menujukkan hubungan yang negatif karena pada
nilai correlation coefficien bertanda negatif dengan besaran nilainya yaitu (-
0,459), sehingga dapat diartikan bahwa semakin tinggi efikasi diri siswa maka
stress akademik siswa semakin rendah begitu juga sebaliknya semakin rendah
efikasi diri siswa maka stress akademik siswa semakin tinggi. Kemudian
hubungannya memiliki keeratan cukup, karena nilainya terletak diantar 0,26 –
0,50. Sehingga diharapkan siswa mampu mengembangkan efikasi diri agar
mampu menghadapi stress akademik, guru BK diharapkan mampu memberikan
layanan yang sesuai untuk menumbuhkan dan mengembangkan efikasi diri pada
siswa, kepala sekolah diharapkan mendukung secara penuh program layanan BK
serta memfasilitasi agar program layanan dapat berjalan dengan baik dan untuk
peneliti selanjutnya diharapkan mampu menggunakan variabel lain selain efikasi
diri dalam meneliti hubungannya dengan stress akademik.
Kata Kunci : Hubungan, Efikasi Diri, Stres Akademik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 02:46 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 02:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2870 |