ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM KARYA GAMBAR PADA KELAS 1 SD NEGERI GEGERKUNCI 01

DANIS, NURUL (2022) ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM KARYA GAMBAR PADA KELAS 1 SD NEGERI GEGERKUNCI 01. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NURUL DANIS 18120101.pdf] Text
NURUL DANIS 18120101.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

NURUL DANIS. NPM 18120101. “ANALISIS KREATIVITAS
SISWA DALAM KARYA GAMBAR PADA KELAS 1 SD NEGERI
GEGERKUNCI 01”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022. Dosen
Pembimbing 1 : Prasena Arisyanto, S.Pd,M,Pd. Dosen Pembimbing II
Singgih Adhi Prasetyo,S.Sn,M.Pd.
Pada pembelajaran SBDP di SD Negeri Gegerkunci 01 siswa
cenderung menggambar dengan bentuk, tataletak, hingga pewarnaan yang
hampir menyerupai satu sama lainnya. Misal saja ketika anak diminta untuk
menggambar dengan tema pemandangan, anak akan cenderung menggambar
dengan pola yang sama yakni dengan dua gunung, terdapat jalan dan sawah.
Selain itu guru juga kurang optimal dalam mengembangkan kreativitas siswa
dalam kegiatan menggambar. Sehingga guru lebih sering menggunakan tema
atau menguasai siswa menggambar dengan meniru benda di sekitar. Fokus
penelitian ini bagaimana kreativitas siswa dalam menuangkan kreativitasnya
saat menggambar di kelas 1 SD Negeri Gegerkunci 01.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas 1 SD Negeri Gegerkunci 01 dengan sempel 20 siswa yang
terdiri dari 15 siswa yang memiliki kemampuan menggambar dengan baik dan
5 siswa kurang bisa menggambar, data dalam penelitian ini diperoleh melalui
wawancara, observasi, dokumentasi.
Dari gambar siswa yang telah dianalisis secara keseluruhan masih
banyak siswa yang meniru gambar teman sebangkunya dan masih ragu-ragu
untuk menggambar tetapi ada juga siswa yang bisa menuangkan imajinsi lebih
dari satu bentuk, seperti ada yang menggambar gunung lengkap ada jalan ada
sawah ada kendaraaan dan lainnya, tetapi guru selalu membantu memberikan
contoh-contoh gambar agar imajinasi anak bisa berkembang, dan guru lebih
sering membebaskan tema menggambar agar gambar yang siswa hasilkan
bervariasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengenai Kreativitas
karya gambar siswa yang dilihat dari hasil gambar siswa alangkah baiknya
guru lebih sering memberikan contoh gambar lebih banyak jangan hanya satu
gambar yang di gunakan, agar imajinasi siswa dapat berkembang dan dapat
meningkatkan kreativitas anak dalam mata pelajaran menggambar sehingga
didapati hasil gambar dari siswa yang tidak lagi monoton.
Kata kunci: Kreativitas Dan Menggambar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:35
Last Modified: 15 Mar 2024 02:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2864

Actions (login required)

View Item
View Item