TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XII SMK AL-HUDA BUMIAYU DI MASA PEMBELAJARAN DARING

PUSPITA, AMANDA TASYA (2022) TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XII SMK AL-HUDA BUMIAYU DI MASA PEMBELAJARAN DARING. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Amanda Tasya 1611028.pdf] Text
Amanda Tasya 1611028.pdf

Download (950kB)

Abstract

AMANDA TASYA PUSPITA. NPM 16110128. “Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Kelas
XII SMK-Al-Huda Bumiayu di Masa Pembelajaran Daring”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022.
Pandemi Covid-19 masih mendominasi pembicaraan publik sejak kemunculannya pada
desember 2019 lalu menyebabkan perubahan pada penyelenggaraan sistem pendidikan di Indonesia.
pemerintah memberi kebijakan untuk menerapkan pembelajaran daring (online) agar proses
pembelajaran tetap dapat dilaksanakan.Siswa dituntut untuk mampu menentukan aktivitas belajarnya
dengan mandiri.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui tinggi atau
rendahnya tingkat kemandirian belajar siswa dimasa pembelajaran daring.
Penlitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif survey. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMK Al-Huda Bumiayu. Sampel yang diambil 106 siswa
dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan skala kemandirian belajar melalui google form.
Hasil penelitian menunjukan 77,3% siswa memiliki tingkat kemandirian belajar tinggi, dapat
dilihat dari persiapan sebelum mengikuti pembelajaran seperti membuat jadwal belajar tambahan
untuk mencapai target belajar tercapai, membuat ringkasan materi, mempelajari materi deri berbagai
referensi, menganggap tugas yang diberikan guru merupakan tantangan yang harus diselesaikan.Jika
dilihat dari jenis kelamin perempuan cenderung memiliki kemandirian yang tinggi dibanding laki-
laki sebanyak 55 responden.
Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat kemandirian belajar dimasa pembelajaran daring
dengan kategori tinggi. Meskipun dari keseluruhan siswa mampu secara mandiri mengatur proses
pembelajarannya tetapi masih terdapat beberapa siswa yang masih belum bisa mengatur waktu
belajarnya.Siswa masih terbiasa dengan pembelajaran konvensional dimana guru yang menjadi pusat
dalam proses pembelajaran dan mendominasi aktivitas belajar mengajar.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:17
Last Modified: 15 Mar 2024 02:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2855

Actions (login required)

View Item
View Item