SALSABELA, SINTA (2022) ANALISIS KEGIATAN PEMBELAJARAN KOMUNITAS HARAPAN PADA ANAK-ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI KAWASAN KAMPUNG SUMENEBAN, PASAR JOHAR SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SINTA SALSABELA 18120229.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
SINTA SALSABELA. NPM 18120229. “Analisis Kegiatan Pembelajaran
Komunitas Harapan Pada Anak-Anak Sekolah Dasar Di Kawasan Kampung
Sumeneban, Pasar Johar Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I: Singgih Adhi Prasetyo, S.Sn.,M.Pd. Dosen Pembimbing II:
Khusnul Fajriyah, S.Pd.,M.Pd. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah sering dijumpainya
perilaku-perilaku menyimpang melanggar norma-norma sosial di lingkungan
marjinal seperti di kawasan pasar yang merupakan kawasan pemukiman kumuh.
Komunitas Harapan hadir memberikan perbaikan untuk lingkungan sekitar, yakni
dengan memberikan berbagai kegiatan positif untuk anak-anak seperti kegiatan
pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses kegiatan
pembelajaran anak usia Sekolah Dasar di Komunitas Harapan?, siapa yang
menjadi relawan di Komunitas Harapan?, serta apa manfaat dan kendala proses
kegiatan pembelajaran di Komunitas Harapan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis proses, relawan, manfaat dan kendala kegiatan pembelajaran di
Komunitas Harapan.
Metode penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian
menggunakan analisis deskripsi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
mencatat, mengumpulkan, dan berfikir.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian dari kegiatan pembelajaran anak-
anak usia Sekolah Dasar di Komunitas Harapan, dapat ditarik kesimpulan bahwa
kegiatan pembelajaran dilaksanakan setiap hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu.
Untuk hari Kamis dan Minggu adalah pembelajaran mapel, Jumat kegiatan
mengaji, dan hari Sabtu pembelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan pembelajaran
dilakukan oleh relawan atau pemateri dari pihak luar Komunitas Harapan.
Relawan terdiri dari Mahasiswa dari berbagai Universitas dan masyarakat yang
sudah bekerja. Manfaat dari kegiatan pembelajaran ini adalah membuat anak
menjadi lebih aktif , menambah ilmu, dan menambah pengalaman. Adapun
kendalanya adalah relawan yang semakin sedikit karena tidak mengalami
regenerasi yang memadai dan masalah tempat pembelajaran.
Saran yang dapat peneliti berikan yaitu: relawan dapat melakukan
sosialisasi lebih lagi mengenai Komunitas Harapan dan kegiatan-kegiatan positif
yang ada di Komunitas Harapan sehingga dapat menarik masyarakat atau
Mahasiswa untuk menjadi relawan Komunitas Harapan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 02:08 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 02:08 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2847 |