ANALISIS PENGGUNAAN ALAT PERAGA MAGIC BOX PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI MACAM- MACAM SUMBER ENERGI KELAS IV SDN 03 SENDANG KULON KENDAL

HILDAYANTI, MELLINDA SAFITRI (2022) ANALISIS PENGGUNAAN ALAT PERAGA MAGIC BOX PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI MACAM- MACAM SUMBER ENERGI KELAS IV SDN 03 SENDANG KULON KENDAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of MELLINDA SAFITRI HILDAYANTI 18120287.pdf] Text
MELLINDA SAFITRI HILDAYANTI 18120287.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

MELLINDA SAFITRI HILDAYANTI. NPM 18120287. “Analisis Penggunaan
Alat Peraga Magic Box Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi
Macam-macam Sumber Energi Kelas IV SDN 03 Sendang Kulon Kendal”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang, 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya inovasi
guru dalm mengajar. Oleh sebab itu, media pembelajaran sangat penting untuk
alat bantu guru dalam proses pembelajaran, tidak hanya itu media pembelajaran
juga dapat menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar. Dengan media
pembelajaran akan lebih memudahkan akses antara guru dan siswa untuk
berkomunikasi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses
pembelajaran IPA menggunakan alat peraga Magic Box? 2) Bagaimana hasil
belajar siswa melalui penggunaan alat peraga Magic Box dalam pembelajaran
IPA? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
proses IPA dengan menggunakan alat peraga Magic Box serta untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan alat peraga Magic Box dalam
pembelajaran IPA.
Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah jenis pendekatan
kualitatif deskriptif. Yang menjadi subjek penelitian adalah guru kelas IV dan
siswa kelas IV dimana terdapat jumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa proses belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA dengan materi
Macam-macam Sumber Energi berjalan dengan baik. Dengan adanya Alat Peraga
Magic Box guru lebih mudah mengajar dalam menyampaikan materi-materi yang
terkait. Selain itu siswa-siwa kelas IV juga lebih mudah memahami dengan
pembelajaran menggunakan Alat Peraga Magic Box dan terdapat peningkatan
hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan media magic box, selain itu siswa
menjadi lebih aktif selama mengikuti pembelajaran.
Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan guru kelas IV SDN 03
Sendang Kulon Kendal penulis mendapatkan informasi bahwa dengan adanya
pembelajaran menggunakan Alat Peraga Magic Box memberikan perubahan pada
siswa kelas IV, dimana siswa menjadi lebih aktif dan antusias pada pembelajaran
IPA dengan Alat Peraga Magic Box. Hal tersebut karena kemudahan siswa dalam
memahami pelajaran sehingga guru lebih mudah dalam mengembangkan materi
menggunakan media pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya dapat menerapkan media alat peraga Magic Box pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 01:59
Last Modified: 15 Mar 2024 01:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2844

Actions (login required)

View Item
View Item