PERAN ORANGTUA DALAM MENDAMPINGI ANAK PADA PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SD TAMBAHAGUNG 03 PATI

UNTARI, MUTIARASARI DYAH (2022) PERAN ORANGTUA DALAM MENDAMPINGI ANAK PADA PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SD TAMBAHAGUNG 03 PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of MUTIARASARI DYAH UNTARI 17100372.pdf] Text
MUTIARASARI DYAH UNTARI 17100372.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

MUTIARASARI DYAH UNTARI. NPM 17120372, “Peran Orangtua
dalam Mendampingi Anak pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di
Kelas IV SDN Tambahagung 03”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, 2021.
Dosen Pembimbing 1 Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II
Ervina Eka Subekti, S.Si., M.Pd.
Konteks penelitian ini yakni peran orangtua dalam mendampingi anak
pada pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 dalam mensukseskan
pendidikan anak. Permasalahan yang terjadi banyak orangtua peserta didik yang
mengeluhkan dirinya keteteran. Selama ini orangtua memberikan tanggung jawa
anaknya untuk menempuh pendidikan kepada guru di sekolah. Hal ini
dikarenakan melihat kondisi sekarang orang tua yang memiliki peran ganda dalam
proses pembelajaran daring di rumah. Selain bertanggung jawab mendidik anak,
orang tua di tuntut mendamoingi anak belajar daring di rumah sebagai ganti
pembelajaran tatap muka. SD Tambahagung 03 pada saat ini masih menggunakan
pembelajaran
dengan
sistem
daring.
Penelitian
ini
bertujuan
untuk
mendeskripsikan peran orangtua dalam mendampingi anak pada pembelajaran
daring masa pandemi covid-19 di kelas IV SDN Tambahagung 03.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah orangtua siswa di SDN
Tambahagung 03. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orangtua siswa kelas IV SDN
Tambahagung 03 telah berperan aktif dalam mendampingi anak pada
pembelajaran daring. Bentuk peran aktif dalam mendampingi anak pada
pembelajaran daring adalah menyediakan fasilitas belajar, memberikan motivasi,
mengawasi anak dalam belajar dan membantu mengatasi kesulitan yang dialami
oleh anak, memberikan semangat serta reward atas kerja keras yang telah
dilakukan oleh anak, meluangkan waktu untuk mendampingi anak, menanyakan
kesulitan anak saat belajar serta memberikan pengetahuan tambahan kepada anak.
Saran yang dapat disampaikan peneliti adalah orangtua selalu
mendampingi anak dengan tulus, mencari solusi dalam membangkitkan kembali
semangat anak, serta memberikan punisment kepada anak ketika anak tidak
mengerjakan tugas dengan baik
Kata Kunci: Peran Orangtua, Pembelajaran Daring, Mendampingi Anak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 15 Mar 2024 01:49
Last Modified: 15 Mar 2024 01:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2833

Actions (login required)

View Item
View Item