FITRIANI, ALFIANA (2022) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUKOREJO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ALFIANA FITRIANI 17110096.pdf
Download (2MB)
Abstract
Alfiana Fitriani NPM 17110096: “Pengaruh Bimbingan Kelompok
Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sukorejo”. Skripsi
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang Tahun 2022. Dosen pembimbing 1: Dr. Heri Saptadi Ismanto, S.
Pd., M. Pd., Kons. , dosen pembimbing 2: Ismah, S.Ag, M.Pd.,
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil (AKPD) angket kebutuhan
peserta didik yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sukorejo. Berdasarkan hasil
angket kebutuhan peserta didik di SMA Negeri 1 Sukorejo diperoleh hasil
sebanyak 87,9% siswa belum memahami program studi yang ada di perguruan
tinggi, 84,2% siswa masih ragu dengan cita-citanya, 77,4% siswa belum
mengetahui tentang seleksi di perguruan tinggi, dan 68,4% siswa belum paham
hubungan antara bakat, minat, pendidikan dan pekerjaan. Dan dari hasil
wawancara dengan guru BK di SMA Negeri 1 Sukorejo hal tersebut disebabkan
kurangnya informasi yang diperoleh akibat pandemi, dan tidak adanya layanan
bimbingan kelompok. Selain itu masalah lain yang dihadapi oleh siswa adalah
masalah ekonomi, karena rata-rata siswa di SMA Negeri 1 Sukorejo adalah dari
kalangan menengah ke bawah.
Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment yang masuk
pada jenis kuantitatif. Metode true experiment ini menggunakan desain
penelitian pre-test post-test control group design. Sebagai kelas try out dipilih
dengan teknik random sampling yaitu XI MIPA 1 yang berjumlah 36 peserta
didik. Subjek penelitiannya adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 dengan jumlah
72 peserta didik. Kelas XI IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah
36 peserta didik dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36
peserta didik.
Berdasarkan perhitungan hasil analisis data bahwa hasil pretest diperoleh
skor pada kelompok eksperimen berjumlah 629 dengan rata-rata 62,9 sedangkan
pada kelompok eksperimen pada posttest berjumlah 838 dengan rata-rata 83,8,
sehingga dapat diartikan terjadi perbedaan setelah pemberian treatment.
Selain itu, dari hasil analisis uji t perbedaan bahwa posttest diantara
kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol terhadap perencanaan karir
dengan menggunakan rumus uji t didapatkan sebesar thitung sebesar 7,5
sedangkan ttabel sebesar 2,021 dengan db = (n1+n2)-2 = (10+10)-2=18 dan
taraf signifikan 5% maka thitung lebih besar dari berarti ttabel artinya Ho ditolak
dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan dengan melalui hipotesis yang
berbunyi “ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap perencanaan karir siswa
kelas XI SMA Negeri 1 Sukorejo”.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Perencanaan Karir Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 01:42 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 01:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2829 |