OKTAVIANI, ELLY (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN HEWAN PADA KELOMPOK A DI KB ANDINI KEMBANGARUM MRANGGEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ELLY OKTAVIANI 19156009 .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ELLY OKTAVIANI. NPM 19156009. “Upaya Meningkatkan Kemampuan
Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Hewan
Pada Kelompok A Di KB Andini Kembangarum Mranggen Demak.” Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu
Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh Munawar,
S.Pi., M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd, M.Pd. Latar
belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara
anak. Hal tersebut disebabkan rendahnya penggunaan media yang menarik dalam
meningkatkan kemampuan berbicara anak. Masalah dalam penelitian ini
bagaimana upaya meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode
bercerita dengan media boneka tangan hewan pada kelompok A di KB Andini
Kembangarum Mranggen Demak. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita dengan media
boneka tangan hewan pada anak kelompok A KB Andini Desa Kembangarum
Kecamatan Mranggen.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
kolaboratif dengan model penelitian Kurt Lewin. Subjek penelitian berjumlah 20
anak yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi
(checklist). Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan
kuantitatif. Peningkatan kemampuan berbicara anak dikatakan berhasil apabila
persentase kemampuan berbicara anak mencapai 76%.Hasil penelitian ini
membuktikan bahwa metode bercerita dengan media boneka tangan hewan dapat
meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A KB Andini Kembangarum
Mranggen Demak. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan
berbicara anak dari pra tindakan sebesar 10%, pada siklus I meningkat sebesar
60%, dan pada siklus II meningkat sebesar 80%. Kesimpulannya bahwa metode
bercerita dengan media boneka tangan hewan dapat meningkatkan kemampuan
berbicara anak.Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan
adalah guru diharapkan dapat mengunakan media lebih beragam dan lebih
inovatif dalam kegiatan pembelajaran bahasa yang dapat meningkatkan
kemampuan berbicara anak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 07:23 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 07:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2827 |