ESTYAWATI, NOVITA (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 17 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
NOVITA ESTYWATI 18120245.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
NOVITA ESTYAWATI. NPM 18120245. “Efektivitas Penggunaan Model
Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam
Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas III SD
Muhammadiyah 17 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022. Dosen
Pembimbing I Khusnul Fajriyah, S.Pd., M.Pd, Dosen Pembimbing II Aries Tika
Damayani, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya
kemampuan membaca pemahaman siswa SD kelas III ditandai dengan kurangnya
siswa dalam memahami bacaan. Hal ini terlihat ketika siswa ditanya mengenai
apa dan bagaimana cerita yang dibacanya siswa masih bingung dalam menjawab
dan harus membaca kembali apa yang telah dibaca serta kegiatan belajar dikelas
masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional yang biasa disebut
ceramah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas III SD
Muhammadiyah 17 Semarang? Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui keefektifan kemampuan membaca pemahaman melalui
model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 17 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-
Eksperimental Design dengan One Grup Pretest-Posstest Design. Populasi
penelitian adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah 17 Semarang. Sampel yang
diambil berjumlah 25 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t diketahui thitung lebih besar dari
ttabel (28,290 > 2,064). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak.
Dengan kata lan terdapat efektifitas penggunaan model pembelajaran Cooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan
membaca pemahaman pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 17 Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar
model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di sekolah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 07:20 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 07:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2826 |