MARYAM, MARYAM (2022) ANALISIS PENGGUNAAN BIG BOOK UNTUK PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA BIRRUL WALIDAIN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MARYAM 18150024.pdf
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
MARYAM, NPM 18150024. “Analisis Penggunaan Big Book Untuk Pencapaian
Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Biirul Walidain”. Skripsi
Program Stusi Pendidikan Guru Pemdidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Muniroh Munawar,
S.Pi., M.Pd Pembimbing II Nila Kusumanistyas, S.T., M.Pd. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan berbicara
pada anak usia dini yang harus dicapai sebagai salah satu upaya untuk pencapaian
kemampuan berbicara anak. Pencapaian kemampuan berbicara yang dimiliki anak
usia 5-6 tahun masih terdapat beberapa kelemahan, diantaranya penggunaan kata
sambung dan kalimat tanya, respon saat menanggapi pertanyaan dan pernyataan
dari orang lain.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana menganalisis
pencapaian kemampuan berbicara anak uisa 5-6 tahun dalam penggunaan big book
di RA Birrul Walidain Semarang. Serta apa saja faktor pendukung dan penghambat
yang dialami. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana pencapaian kemampuan berbicara anak dalam penggunaan
big book di RA Birrul Walidain Semarang.
Metode penilitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sampel penelitian yaitu
siswa dan siswi kelompok B di RA Birrul Walidain yang berjumlah 15 anak. Data
di dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegitan pembacaan big book
anak anak menunjukan aspek memahami bahasa dan mengungkapkan bahasa.
Dimana aspek tersebut merupakan indikator dalam kemampuan berbicara.
Sehingga ketika aspek pencapaian itu berkembang maka menunjukan pencapaian
kemampuan berbicara yang dimiliki oleh anak. Terdapat pula faktor pendukung
yang mampu mendukung anak dalam pencapaian kemampuan berbicara anak
seperti tersedianya buku big book yang memiliki gambar dan alur cerita yang
menarik. Selain itu ada faktor penghambat diantranya kurangnya ketersediaan buku
yang bervariatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah perlu
adanya pembaruan ketersedian buku setiap setengah tahun sekali agar anak
memiliki pengalaman membaca yang lebih banyak dan dapat menjunjang
pencapaian kemampuan berbicara pada anak.
Kata Kunci : Anak Usia Dini, Kemampuan berbicara, Big Boo
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 07:21 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 07:21 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2825 |